Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan dan Fungsi Rumus Excel HLOOKUP


Rumus HLOOKUP Excel - HLOOKUP berfungsi untuk mencari nilai dibaris paling bawah dari tabel referensi, kemudian mengembalikan nilai kedalam kolom yan sama dari sebuah baris yang ditetapkan oleh tabel referensi. 


Seperti halnya VLOOKUP yang telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa fungsi HLOOKUP membutuhkan minimal 1 tabel sebagai referensi untuk pengambilan data. 

Perbedaan paling medasar antara VLOOKUP dengan HLOOKUP adalah pada range data yang disusun vertical (VLOOKUP) atau horizontal (HLOOKUP). 

Pada artikel ini kita akan fokuskan pembahasan dan contoh penerapan rumus HLOOKUP pada excel, untuk anda yang belum mempelajari rumus VLOOKUP dan rumus lain yang akan berkaitan dengan HLOOKUP silahkan pelajari artikel sebelumnya.


Untuk pengunaan rumus IF silahkan ada pelajari juga karena diartikel selanjutnya akan dibahas mengenai penggabungan rumus IF dan HLOOKUP.


Cara Menggunakan Fungsi HLOOKUP


Untuk menggunakan Fungsi ini dibutuhkan sebuah kelompok sebagai data dengan kondisi yang hampir sama, misalkan memiliki nomor kode. Nomor kode tersebut akan digunakan sebagai kunci dalam pengambilan data.

Dalam prosesnya fungsi ini akan membuat lebih dari 1 tabel, sehingga tabel utama sebagai tabel yang akan mengambil data membutuhkan satu atau lebih tabel bantu yang menyimpan data dengan urutan atau kode tertentu.


Jadi, kesimpulannya adalah untuk tabel utama ini membutuhkan tabel lain yang menyimpan data untuk diambil dan ditempatkan kedalam tabel utama tersebut.



Syntax Dasar Rumus HLOOKUP

Perhatikan syntax dasar rumus HLOOKUP dibawah ini :


Syntax:

=HLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num)

Keterangan :

- Lookup_value : nilai yang akan dicari dari tabel referensi.
- table_array : area data pada tabel referensi.
- col_index_num :  nomor index baris pencarian dari tabel referensi.




Contoh Rumus HLOOKUP dalam excel

Silahkan perhatikan contoh tabel berikut :




Rumus untuk pengisian tabel diatas dengan Hlookup sebagai berikut :

Nama Barang : =HLOOKUP(B5;$C$11:$D$13;2;0)

Harga Jual : =HLOOKUP(B5;$C$11:$D$13;3;0)


Selamat belajar dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. 

Post a Comment for "Penggunaan dan Fungsi Rumus Excel HLOOKUP "