Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membedakan Cell Absolut ($) dan Relatif Dalam Microsoft Excel

Cara Membedakan Cell Absolut ($) dan Relatif Dalam Microsoft Excel - Untuk kemudahan dalam pengolahan data kadang diperlukan sebuah referensi dengan maksud dan fungsi tertentu.


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang Cara Membedakan Cell Absolut ($) dan Cell Relatif Dalam Microsoft Excel

Apa yang dimaksud dengan Cell Absolut ($) dan Cell Relatif dalam Excel ?

Jika Anda pernah atau sedang melihat sebuah rumus atau fungsi dalam Microsoft Excel dengan memunculkan tandal dollar ($) pada cell tertentu maka itu disebut Cell Absolut.

Jadi, Cell Absolut adalah sebuah referensi yang digunakan pada cell tertentu dengan cara memunculkan tanda dollar ($) untuk menunci cell supaya tidak berpindah pada saat copy paste rumus atau fungsi.

Sedangkan Cell Relatif adalah cell yang digunakan tanpa tanda dollar untuk memudahkan copy paste dengan cara menggeser/memindahkan cell tersebut dengan cepat.

Dalam Microsoft Excel secara default cell akan mempunyai format relatif sehingga ketika akan copy paste sebuah rumus atau fungsi otomatis akan berpindah keatas atau ke bawah cell berikutnya.

Cara Menggunakan Fungsi Absolut ($) dan Relatif Dalam Microsoft Excel


Dalam pengolahan data Excel sering kali kita melakukan copy paste untuk fungsi atau rumus dengan tujuan mempercepat proses pengolahan data tersebut.

Pada saat copy paste pasti cell akan otomatis bergeser kebawah, misalnya fungsi ada dalam cell A1 maka ketika copy pastekan ke bawah otomatis menjadi A2 dan seterusnya.

Bagaimana jika kita tidak ingin menggeser cell tersebut ?

Inilah fungsi dari cell absolut bahwa ketika kita copy paste maka cell A1 tersebut tetap akan di A1 atau tidak akan bergeser ke cell A2 dan seterusnya.

Untuk menggunakan cell abslout ($) ini bisa dengan manual memberikan tanda dollar ($) melalui keyboard atau dengan menekan tombol F4.


Jenis - Jenis Cell Absolut ($) dan Relatif



Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa fungsi dari cell Absolut adalah untuk mengunci cell sehingga tidak berpindah pada saat copy paste.

Dalam prakteknya bagaimana jika kita hanya ingin melakukan penguncian terhadapt barisnya saja dan kolomnya tetap bergeser ? ini disebut kolom semi absolut.

Berikut ini beberapa jenis dari cell Absolut :

=C1 : Ini disebut cell relatif dan akan berpindah pada saat copy paste.
=C$1 : Ini disebut referensi campuran, kolom C berubah dan baris 1 absolut.
=$C1 : Ini disebut referensi campuran, kolom C absolut dan baris 1 akan berubah.
=$C$1 : Ini disebut referensi absolut, kolom C dan baris 1 tidak akan berubah.

Dari beberapa jenis referensi absolut dan relatif diatas silahkan gunakan sesuai dengan kebutuhan pada saat pengolahan data.



Contoh Penggunaan Cell Absolut Dalam Excel



Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa fungsi ini berguna untuk mengunci cell agar tidak berubah pada saat proses copy paste sehingga kita tidak akan berulang - ulang memproses rumus yang sama untuk beberapa cell yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini yang merupakan perbandingan penggunaan cell absolut dan cell relatif dalam proses copy paste rumus Excel.


penggunaan cel absolute


Pada gambar diatas terlihat ada dua tabel dimana tabel yang sebelah kiri menggunakan cell Absolut pada saat copy paste, sedangkan tabel yang sebelah kanan tidak menggunakan cell absolut atau tetap menggunakan cell relatif pada saat copy paste.

Dari tabel tersebut kita akan menghitung dan mengalikan angka 10 ( angka 1 ) pada tabel Cell Relatif dengan kolom B7 - B9.

Buatlah rumus pada cell C7 sebagai berikut :

=$C$4*B7

Terlihat pada rumus diatas bahwa cell C4 telah menggunakan Absolut dengan munculnya tanda dollar ($). Hasil dari perkalian tersebut adalah 50.

Selanjutnya copy pastekan rumus pada cell C7 tersebut kedalam cell C8 dan C9, hasilnya sebagai berikut :

=$C$4*B8
=$C$4*B9

Terlihat bahwa cell C4 tidak bergeser sehingga proses perhitungan menjadi lancar dengan hasil 70 dan 80.

Bagaimana dengan tabel yang menggunakan cell Relatif ? berikut pembahasannya.

Buatlah rumus pada cell F7 sebagai berikut :

=F4*E7

Hasil dari perkalian tersebut adalah 50, selanjutnya copy paste rumus tersebut ke dalam cell F8 dan F9. Akan muncul rumus sebagai berikut pada kedua cell tersebut :

=F5*E8
=F6*E9

Terlihat bahwa cell F4 yang seharusnya tidak bergeser menjadi pindah karena tidak menggunakan Absolut ($). Tentu ini mengakibatkan error pada hasil perhitungan.

Dari perbandingan tabel diatas terlihat bahwa disaat tertentu kita membutuhkan cell Absolut ini sebagai pengunci cell agar tidak berpindah posisi pada saat copy paste.

Referensi Absolut ($) ini biasanya banyak digunakan untuk mengunci tabel pada fungsi atau rumus VLOOKUP atau HLOOKUP sehingga range dari tabel tersebut tidak bergeser pada saat kita copy paste rumus tersebut.

Itulah penjelasan tentang cara membedakan dan fungsi dari cell absolut ($) dan cell Relatif pada Microsoft Excel.

Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar dibawah artikel ini.
   

Post a Comment for "Cara Membedakan Cell Absolut ($) dan Relatif Dalam Microsoft Excel "