Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyusutan Aktiva, Rumus Excel Untuk Menghitung Penyusutan Asset Dengan Menggunakan Metode Saldo Menurun

Rumus Excel Untuk Menghitung Penyusutan Asset Dengan Menggunakan Metode Saldo Menurun - Penyusutan aktiva atau asset dihitung setiap akhir dari periode pembukuan dengan tujuan untuk mengetahui nilai buku dari asset tersebut.


Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghitung penyusutan, diantaranya adalah metode Saldo Menurun atau Declining Balance Method.

Pada metode ini sebuah asset dianggap memberikan kontribusi secara penuh pada awal dari pembelian mesin tersebut dan akan menurun seiring dengan berkurangnya masa manfaat dari asset tersebut.

Sehingga pada metode ini nilai penyusutan setiap tahun akan terus menurun sampai dengan asset tersebut sudah habis masa manfaatnya.

Metode ini cocok digunakan untuk asset yang memberikan manfaat lebih bagus pada awal periode seperti mesin produksi.

Tentu mesin produksi akan menghasilkan barang yang lebih banyak dan bagus pada awal mesin ini didapatkan serta akan menurun seiring dengan umur dari mesin tersebut bertambah.

Metode lain yang telah dibahas adalah Garis Lurus atau Straight Line Method, silahkan pelajari dalam artikel dibawah ini :

Dalam metode garis lurus ini nilai dari penyusutan bersifat tetap setiap tahun sampai dengan berakhirnya masa manfaat dari asset tersebut.



Dalam artikel ini saya hanya akan membahas tentang cara menghitung penyusutan metode Saldo Menurun dengan rumus Excel, untuk artikel lain yang berhubungan dengan penyusutan silahkan pelajari pada pembahasan sebelumnya.

Cara Menghitung Penyusutan Dalam Excel


Seperti yang saya sebutkan dalam artikel sebelumnya bahwa untuk menghitung penyusutan tersebut harus diketahui nilai dari 3 unsur berikut ini :

- Harga Perolehan (Aquisition Cost)
- Nilai Sisa (Salvage Value)
- Umur Ekonomis (Economical Life Time)

Setelah ketiga unsur tersebut diketahui maka selanjutnya kita dapat menghitung jumlah penyusutan setiap tahun untuk asset tersebut.



Rumus Excel Untuk Menghitung Penyusutan Metode Saldo Menurun




Pada penghitungan ini sudah dipastikan kita akan membutuhkan bantuan rumus atau fungsi Excel untuk menghitung penyusutan tersebut.

Rumus Excel yang saya gunakan untuk menghitung penyusutan metode Saldo Menurun adalah fungsi DB.



=DB(cost;salvage;life;period;[month])


> cost : Harga Perolehan
> salvage : Nilai Sisa
> life : Umur Ekonomis
> period : Penurunan Tahun Ke-sekian
> month : jumlah bulan per tahun, ini bersifat optional sehingga bisa diabaikan dengan asumsi jumlah bulan dalam 1 tahun adalah 12.

Untuk lebih jelasnya tentang cara menggunakan fungsi DB silahkan pelajari dalam artikel fungsi DB.

Dalam artikel tersebut dijelaskan lebih detail tentang argumen, syntax dan juga fungsi utama dari DB.




Contoh Menghitung Penyusutan Metode Saldo Menurun Dengan Rumus Excel



Setelah mengetahui semua unsur argumen dan juga syntax dari fungsi DB maka selanjutnya kita akan melihat contoh penghitungannya dalam Excel.

Untuk contohnya silahkan perhatikan uraian dan juga gambar dibawah ini :

Pada tanggal 3 Januari 2018 PT. XYZ membeli asset dengan harga 150.000.000 dan diperkirakan akan mempunyai nilai sisa pada akhir periode sebesar 15.000.000 dengan masa manfaat 5 Tahun.

Untuk menghitungnya buatlah tabel seperti pada gambar dibawah ini :



rumus DB excel


Pada gambar tersebut terlihat bahwa pada tahun ke 5 atau akhir dari masa manfaat asset tersebut nilai bukunya sebesar 15.000.000 sesuai dengan nilai sisa dri asset tersebut.

Untuk menghitung penyusutannya seperti terlihat pada kolom C menggunakan rumus DB. Untuk cell C7 atau penyusutan tahun pertama gunakan rumus sebagai berikut : 

=DB($C$1;$C$2;$C$3;A7)

Untuk cell C8 sampai dengan C11 silahkan copy paste rumus tersebut. Untuk kolom Akum. Peny merupakan penjumlahan dari total penyusutan setiap tahun.

Sedangkan untuk kolom nilai buku akhir merupakan nilai buku awal dikurangi dengan penyusutan.

Bagaimana jika asset tersebut diperoleh pada pertengahan tahun atau bukan bulan Januari ?

Untuk kondisi ini akan saya bahas dalam artikel selanjutnya, silahkan baca pada artikel berikut ini :


Baca : Rumus Excel Untuk Menghitung Penyusutan Saldo Menurun Dengan Perolehan Asset Pertengahan Tahun


Itulah penjelasan tentang cara menghitung penyusutan untuk metode saldo menurun dengan rumus excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Post a Comment for "Penyusutan Aktiva, Rumus Excel Untuk Menghitung Penyusutan Asset Dengan Menggunakan Metode Saldo Menurun"