Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Form Pengajuan Lembur Dengan Menggunakan Microsoft Excel

Contoh Form Lembur Excel - Lembur merupakan pekerjaan yang dilakukan melebihi jam kerja normal.


Lembur ini ada yang dilakukan melewati batas jam kerja oeprasional perusahaan atau bekerja dihari libur baik itu hari minggu ataupun hari libur nasional.

Dalam prakteknya memang perusahaan berkewajiban untuk membayar karyawan yang melakukan lembur.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah semua karyawan yang bekerja melewati batas jam operasionalnya harus dibayar dengan lembur ?

Jawabannya adalah tidak karena lembur ini memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sehingga tidak semua kelebihan jam kerja ini bisa dimasukan kedalam kategori lembur.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk lembur ini adalah adanya pengajuan dari karyawan yang bersangkutan dan tentu pengajuan tersebut telah disetujui oleh pihak yang berwenang.

Pelaksanaan lembur tentu saja sesuai dengan surat perintah atau yang tercantum didalam form yang telah disetujui.

Berdasarkan form pengajuan inilah nantinya karyawan yang bersangkutan akan dibayar sesuai dengan jamlembur yang tercantum dalam form tersebut.

Dalam artikel ini saya akan memberikan contoh form lembur yang dibuat dalam Microsoft Excel.


Cara Membuat Form Pengajuan Lembur Dengan Microsoft Excel



Untuk membuat form pengajuan lembur tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu info apa saja yang dibutuhkan dan terkait dengan lembur.

Dalam peraturan Kemenakertrans No. KEP.102/MEN/VI/2004 pasal 6 disebutkan syarat untuk lembur adalah sebagai berikut :


  1. Untuk melakukan kerja lembur harus ada perintah tertulis dari pengusaha dan persetujuan tertulis dari pekerja/buruh yang bersangkutan.
  2. Perintah tertulis dan persetujuan tertulis sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dapat dibuat dalam bentuk daftar pekerja/buruh yang bersedia bekerja lembur yang ditandatangani oleh pekerja/buruh yang bersangkutan dan pengusaha.
  3. Penguasaha sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) harus membuat daftar pelaksanaan kerja lembur yang memuat nama pekerja/buruh yang bekerja lembur dan lamanya waktu bekerja lembur.

Dari ketiga ayat dalam pasal diatas menurut saya ada 3 point penting yang wajib disertakan dalam form atau surat perintah lembur, yaitu :


  1. Nama dan tanda tangan pekerja
  2. Nama dan tanda tangan pihak berwenang/perusahaan
  3. Jumlah jam lembur

Jadi tiga unsur penting tersebut diatas menurut saya wajib untuk disertakan dalam sebuah pengajuan lembur.



Contoh Form Pengajuan Lembur Dalam Microsoft Excel




Setelah mengetahui unsur apa saja yang wajib untuk disertakan dalam sebuah form lembur maka selanjutnya kita akan melihat contoh form lembur tersebut dalam Excel.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :



form untuk pengajuan lembur


Gambar diatas merupakan contoh form lembur yang telah saya gunakan pada saat bekerja disebuah perusahaan.

Tentu contoh form ini bisa dan boleh untuk diedit sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan kebijakan lembur diperusahaan tempat Anda bekerja.

Perlu juga saya sampaikan bahwa bentuk dari form atau surat tugas ini sangat beragam sehingga gambar diatas atau contoh form yang saya berikan hanya sebagai contoh saja.

Untuk cara pengisian form tersebut tentu sudah jelas dan disesuikan dengan judul dari masing - masing pos yang harus diisi.

Untuk contoh filenya silahkan diambil melalui link berikut ini :

------------------------
Nama file : Form lembur 
Ukuran file : 30 kb
Link : Contoh file
------------------------

Untuk cara penghitungan lembur dalam Excel telah saya bahas dalam artikel yang lain, silahkan untuk dipelajari.


Baca Juga : Menghitung Lembur Karyawan, Cara Menghitung Lembur Berdasarkan Absensi Dengan Rumus Excel


Seperti yang kita ketahui bahwa bagian tersulit dari sebuah lembur adalah rumus untuk mengghitungnya karena terdiri dari beberapa kondisi yang harus sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang contoh form lembur dalam Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.


Post a Comment for "Contoh Form Pengajuan Lembur Dengan Menggunakan Microsoft Excel"