Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghitung THR Dengan Rumus Pada Microsoft Excel

Menghitung THR Dengan Rumus Pada Microsoft Excel - THR merupakan kepanjangan dari Tunjangan Hari Raya yang dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawannya. THR ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah dan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan kepada karyawannya.


Dalam artikel ini Saya tidak akan membahas tentang bagaimana peraturan THR yang dikeluarkan oleh pemerintah tetapi hanya akan membahas bagaimana cara menghitung THR dengan menggunakan rumus pada Microsoft Excel. Dalam perhitungan ini akan ada beberapa fungsi Excel yang digunakan. Untuk lebih memahami dan mempermudah dalam menggunakan fungsi tersebut Saya sarankan untuk mempelajari fungsi - fungsi tersebut.

Menghitung THR ini tentu harus memperhatikan Perturan yang sudh dibuat oleh Pemerintah. Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam menghitung THR, yaitu :



  • Perhitungan THR terdiri dari Gaji Pokok ditambah dengan tunjangan - tunjangan tetap. Tunjangan tetap adalah tunjangan yang diterima dengan nilai tetap atau tidak berubah atau tidak dipengaruhi oleh hal tertentu misalnya absensi atau kehadiran.
  • Jika karyawan telah bekerja selama 1 tahun penuh secara terus menerus atau lebih maka berhak untuk mendapatkan THR dengan besaran 1 bulan upah secara penuh.
  • Untuk karyawan yang belum bekerja selama 1 tahun maka dihitung dengan cara prorate yaitu lama kerja dibagi 12 dikali gaji 1 bulan. Jika perusahaan masih menggunakan perturan lama maka karyawan yang baru bekerja kurang dari 3 bulan tidak mendapatkan THR, sedangkan dalam peraturan terbaru karyawan yang bekerja baru 1 bulanpun sudah berhak untuk mendapatkan THR.


Dari 3 uraian diatas maka rumus untuk menghitung THR bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

THR=lama kerja/12 x 1 bulan upah

Untuk lama kerja dihitung berdasarkan bulan bekerja sehingga untuk karyawan yang telah bekerja selama 1 tahun atau lebih akan mendaatkan THR dengan penuh.



Cara Menghitung THR Dengan Rumus Excel


Dalam Microsoft Excel bisa dilakukan perhitungan THR dengan fungsi yang ada dalam Microsoft Excel tersebut. Dalam perhitungan ini akan menggunakan beberapa fungsi Excel yaitu DATEDIF, IF dan fungsi pembulatan seperti ROUND, ROUNDUP atau INT. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

1. Fungsi DATEDIF


Fungsi DATEDIF dalam Excel bisa digunakan untuk menghitung tanggal, bulan dan tahun dari dua periode yang merupakan tanggal awal dan tanggal akhir. Fungsi ini digunakan untuk menghitung masa kerja pegawai. 


2. Fungsi IF


Fungsi IF digunakan untuk memisahkan periode atau lama bekerja seorang karyawan yang sudah 1 tahun atau kurang dari 1 tahun. Fungsi ini telah saya jelaskan pada artikel yang lain.


3. Fungsi ROUND


Fungsi ini dilakukan jika hasil perhitungan dari THR tersebut muncul angka desimal dibelakang koma. Untuk menghilangkan angka tersebut digunakan fungsi pembulatan pada Microsoft Excel.


Setelah memahami ketiga fungsi yang telah disebutkan diatas maka selanjutnya bagaimana cara menghitung THR dengan rumus pada Microsoft Excel ?

Ada dua perhitungan yang dilakukan untuk menemukan berapa besar THR yang akan dibayarkan. Kedua perhitungan tersebut adalah menghitung masa kerja dan menghitung THR itu sendiri.

> Menghitung Masa Kerja Untuk THR

Untuk menghitung masa kerja digunakan FUngsi DATEDIF yang bisa mendapatkan angka bulan bekerja dari tanggal masuk kerja dengan tanggal akhir yaitu tanggal lebaran atau Idul Fitri.

Syntax Fungsi DATEDIF Untuk Menghitung Masa Kerja :

=DATEDIF(tgl_masuk_kerja;tgl_lebaran;"M")

Argumen "M" merupakan satuan untuk mencari jumlah bulan dalam periode tersebut. Cara menghitung masa kerja ini telah saya bahas pada artikel yang lain, silahkan pelajari.

Baca : Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Rumus Pada Microsoft Excel

> Menghitung THR

Setelah menghitung masa kerja maka selanjutnya kita bisa menghitung THR. Untuk menghitungnya digunakan Fungsi IF sebagai fungsi untuk memisahkan masa bekerja karyawan.

Syntax Fungsi IF untuk menghitung THR

=IF(masa_kerja<3;0;IF(masa_kerja>=12;upah;masa_kerja/12*upah))

Syntax diatas digunakan untuk menghitung THR dengan peraturan yang lama, dimana ditegaskan bahwa masa kerja kurang dari 3 bulan tidak mendapatkan THR.


Jika menggunakan peraturan yang baru maka syntax tersebut berubah karena karyawan yang dibawah 3 bulanpun tetap medapatakan THR. Dengan begitu syntaxnya dibuat sebagai berikut :


Syntax Fungsi IF untuk menghitung THR

=IF(masa_kerja>=12;upah;masa_kerja/12*upah)

Untuk contoh penggunaan saya akan menggunakan fungsi yang baru karena fungsi ini yang sekarang digunakan sebagai dasar peraturan pembayaran THR kepada karyawan.

Contoh Menghitung THR Dengan Rumus Excel


Untuk lebih jelasnya tentang penggunaan rumus dalam excel untuk menghitung THR silahkan perhatikan gambar dibawah ini :

Contoh menghitung THR dengan rumus Excel

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa dengan menggunakan fungsi Excel maka penghitungan THR ini menjadi sangat cepat karena tidak dihitung satu persatu.

Pada gambar diatas untuk rumus kolom E ( Lama Kerja ) digunakan Fungsi DATEDIF sebagai berikut :

Syntax kolom E4 untuk menghitung lama kerja

=DATEDIF(C4;D4;"M")
 
Untuk kolom E5 dan selajutnya silahkan dicopy pastekan rumus dari kolom E4 sehingga perhitungan akan otomatis dilakukan.

Untuk kolom I ( menghitung THR ) digunakan Fungsi IF dengan rumus ssebagai berikut :

Syntax kolom I4 untuk menghitung THR

=IF(E4>=12;H4;E4/12*H4)

Selanjutnya silahkan perhatikan kolom I6 dan I8, pada kedua kolom tersebut menghasilkan angka desimal dibelakang koma. Jika ingn menghilangkannya saya tambahkan Fungsi ROUND untuk pembulatan. Rumusnya pada kolom I8 sebagai berikut :

Syntax kolom I8 untuk menghitung THR dengan pembulatan

=ROUND(IF(E8>=12;H8;E8/12*H8);0)
 
Itulah pembahasan mengenai cara menghitung THR pada Excel dengan beberapa fungsi yang digunakan. Jika ada hal yang akan didiskusikan silahkan isi kolom komentar dibawah.

Untuk contoh filenya dalam bentuk Excel silahkan ambil dalam link berikut ini:

-------------------------------------
Nama File : Contoh menghitung THR
Ukuran File : 14 kb
Link : Contoh File
-------------------------------------

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share kepada teman untuk membantu mereka dalam menyelesaikan pengolahan data THR pada Microsoft Excel.

Note : artikel ini telah diupdate tanggal 24 Des 2018

Post a Comment for "Menghitung THR Dengan Rumus Pada Microsoft Excel "