Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Grafik Dalam Microsoft Excel

Cara Mudah Membuat Grafik Dalam Microsoft ExcelPembuatan Grafik dalam sebuah laporan merupakan cara untuk memberikan visualisasi dengan angka yang mudah dipahami. Grafik merupakan cara untuk merepresetasikan data melalui sebuah visual yang lebih dominan sehingga pembaca akan dengan cepat menemukan kenaikan dan juga penurunan pada sebuah laporan perbandingan pada periode tertentu. 



Grafik merupakan hasil rangkuman dari spreedsheet excel yang telah dibuat dengan membandingkan angka tertentu dan juga periode tertentu. Tujuan dari pembuatan grafik adalah menyajikan sebuah laporan untuk manajemen, klien atau lainnya tentang kemajuan dari sebuah target atau kondisi dari suatu data pada periode tertentu.

Pembuatan Grafik pada Microsoft Excel sangat mudah, Anda hanya akan melakukan beberapa langkah untuk membuatnya. Kemudahan pembuatan Grafik ini termasuk juga karena data sudah tersedia dalam spreedsheet excel. Jadi Anda tidak perlu mengunakan aplikasi lain untuk membuat grafik pada laporan yang telah Anda buat dengan Microsoft Excel. Untuk Anda yang ingin mengetahui cara bagimana membuat Grafik dengan Microsoft Excel maka lanjutkan membaca artikel ini karena saya akan membuat sebuah panduan untuk itu.

Cara Membuat Grafik Dengan Microsoft Excel

Sebelum melanjutkan untuk membahas bagaimana cara membuat Grafik dengan Mirosoft Excel sebaiknya Anda memahami beberapa jenis grafik untuk membantu menampilkan visual pada sebuah laporan. Pemilihan sebuah jenis dari Grafik sangat penting dilakukan, karena perbedaan dari jenis data akan membuat sebuah tampilan menjadi lebih sulit dipahami padahal pembuatan sebuah Grafik seharusnya mempermudah pemahaman terhadap isi dari laporan. Ada beberapa kategori grafik dalam Microsoft Excel yang harus Anda pahami :

> Column Charts
Jenis Grafik ini merupakan yang paling umum digunakan dalam sebuah laporan. Grafik ini lebih bagus digunakan untuk membandingkan informasi dari beberapa kategori sehingga dengan mudah pembaca laporan akan memahami jenis mana yang mempunyai nilai tertinggi atau sebaliknya. Ada 7 jenis Column Charts dalam Excel yang bisa Anda gunakan : Clustered Column, Stacked Column, 100% Stacked Column, 3-D Clustered Column, 3-D Stacked Column, 3-D 100% Stacked Column and 3-D Column.

> Bar Charts
Perbedaan utama pada Column Chart dan Bar Chart adalah bentuknya horizontal bukan vertikal. Jika Anda ingin membuat Grafik berbentuk vertikal maka gunakan Column Chart tetapi jika bentuknya horizontal maka gunakan Bar Chart. Ada 6 jenis Bar Charts dalam Microsoft Excel : Clustered Bar, Stacked Bar, 100% Stacked Bar, 3-D Cluster Bar, 3-D Stacked Bar and 3-D 100% Stacked Bar.

> Pie Charts
Grafik ini mempunyai bentuk seperti lingkaran, gunakan grafik ini untuk membandingkan persentasi dari total nilai dalam laporan Anda. Setiap jumlah angka akan diwakili dengan bentuk sepotong dari lingkaran. Ada 5 jenis Pie Charts dalam Microsoft Excel : Pie, Pie of Pie, Bar of Pie, 3-D Pie and Doughnut.

> Line Charts
Diagram ini berbentuk seperti garis, gunakan untuk data yang menunjukan sebuah tren dengan membandingkan periode waktu tertentu. Setiap titik dihubungkan dengan garis untuk melihat perkembangkan kenaikan dan penurunan selama periode tersebut. Ada 7 jenis Line Charts dalam Microsoft Excel : Line, Stacked Line, 100% Stacked Line, Line with Markers, Stacked Line with Markers, 100% Stacked Line with Markers and 3-D Line.

> Scatter Charts
Grafik ini mirip dengan garis, menurut saya ini sangat cocok untuk sebuah data dengan korelasi yang kuat antara data tersebut atau mempunyai hunbungan yang kuat antar data. Ada 7 pilihan dalam Microsoft Excel untuk jenis grafik ini : Scatter, Scatter with Smooth Lines and Markers, Scatter with Smooth Lines, Scatter with Straight Lines and Markers, Scatter with Straight Lines, Bubble and 3-D Buble.

Jika Anda telah mengetahui beberapa jensi grafik yang saya sebutkan diatas maka selanjutnya bagaimana cara membuat sebuah grafik dalam Microsoft Excel ? Seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa membuat sebuah Grafik dalam Excel sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk membuatnya.



Ikuti langkah berikut ini untuk membuat Grafik pada Microsoft Excel :

1. Buat atau Siapkan Data Dalam Microsoft Excel

Langkah pertama untuk membuat sebuah Grafik adalah data. Data tersebut juga harus tersedia dalam beberapa jenis atau beberapa periode dengan waktu yang telah ditentukan. Masukan data tersebut ke dalam Microsoft Excel dan akan menjadi data utama sebagai awal untuk pembuatan sebuah Grafik. Dalam contoh pembuatan saya akan membandingkan penjualan sebuah perusahaan A pada periode antara Tahun 2015 - 2018.

2. Pilih Data Yang Akan Menjadi Grafik

Setelah Anda menyiapkan data dalam sebuah sheet Microsoft Excel maka selanjutnya Anda harus memilih data tersebut dengan cara sorot sel yang berisi data yang akan Anda gunakan pada grafik. Untuk langkah ini semua data yang akan dibuatkan grafik harus disorot jangan sampai ada yang terlewat.


Cara Mudah Membuat Grafik Dalam Microsoft Excel

3. Pilih Jenis Grafik

Untuk proses selanjutnya Anda klik menu Insert kemudian pilih Charts. Tentukan pilihan jenis grafik yang akan Anda Gunakan. Misalkan Anda akan menggunakan Grafik Column maka pilih Column. Selanjutnya tentukan jenis grafik apa yang Anda pilih dari sub grafik Colum tersebut. Klik pilihan jenis Grafik Anda.


Cara Mudah Membuat Grafik Dalam Microsoft Excel


4. Pilih Layout dan Style Grafik 

Excell dengan otomatis akan membuat sebuah grafik sesuai dengan jenis yang telah Anda pilih. Selanjutnya pilih Layout dalam Tab Chart Layout dan juga pilih Style grafik Anda pada Tab Chart Styles. Untuk hasil dari contoh pembuatan grafik tersebut silahkan lihat pada gambar pembuka paling atas dalam artikel ini. 

Sampai dengan proses ini maka Anda sudah selesai membuat sebuah grafik dengan menggunakan Microsoft Excel. Itulah cara bagaimana membuat sebuah grafik pada Microsoft Excel dengan langkah mudah. Saya mengharapkan artikel ini membantu Anda dalam menyelesaikan pembuatan grafik dengan Microsoft Excel.

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Grafik Dalam Microsoft Excel"