Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjumlahkan Data Dengan Rumus Excel SUM

Fungsi Rumus Excel SUM - Rumus Excel SUM merupakan sebuah fungsi dari Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk menjumlahkan data. Penjumlahan ini merupakan satu dari beberapa fungsi dasar yang harus dikuasai oleh Anda karena fungsi ini pasti digunakan oleh Anda jika akan menjumlahkan data pada Excel meskipun dengan menggunakan fungsi yang lain misalkan IF, VLOOKUP atau yang lainnya. 


Rumus Excel SUM digunakan jika Anda akan menjumlahkan deretan angka dalam Microsoft Excel dengan catatan bahwa penjumlahan ini tidak memerlukan syarat atau kondisi tertentu. Dengan kata lain jika Anda akan menjumlahkan data dengan kondisi tertentu maka dibutuhkan fungsi rumus excel yang lain sebagai pemisah untuk menjumlahkan data tersebut. 

Fungsi Excel SUM dapat digunakan pada range, array atau beberapa angka yang merupakan hasil dari fungsi yang lain pada Microsoft Excel. Misalkan setelah Anda mengambil banyak data dengan menggunakan Fngsi Excel VLOOKUP maka selanjutnya bagaiaman cara untuk menjumlahkan deretan angka yang merupakan hasil dari pengambilan data tersebut.


Cara Menggunakan Rumus Excel SUM

Sebelum Anda melihat atau membaca contoh penggunaan Fungsi Excel SUM sebaiknya mempelajari syntax dasar pada fungsi SUM. Ini akan membantu Anda untuk memahami penerapan sebuah kondisi pada fungsi Excel tersebut.

Syntax dasar fungsi Excel SUM :

=SUM(angka1;[angka2];...)

Keterangan untuk Syntax diatas :
angka1 : merupakan angka pertama yang akan dijumlahkan pada deretan data Anda.
angka2 : merupakan angka lain yang ingin ditambahkan kedalam penjumlahan tersebut, ini bersifat optional.

Fungsi Excel SUM ini bisa Anda gunakan pada deretan angka vertikal maupun horizontal, sesuaikan dengan kebutuhan pada sheet pengolahan data Anda. Jika ada sel kosong dalam deretan data yang akan Anda jumlahkan dengan menggunkan Fungsi SUM maka sel kosong tersebut akan diabaikan.

Contoh Menggunakan Rumus Excel SUM

Rumus Excel SUM dapat Anda gunakan untuk menjumlahkan data yang ada pada kolom yang sama ataupun berbeda kolom bahkan ini juga dapat gunakan untuk menjumlahkan data yang merupakan hasil dari fungsi Excel yang lain. 

1. Menggunakan Rumus Excel SUM pada baris atau kolom yang sama


Pada contoh ini saya akan menjumlahkan sebuah deretan angka pada sheet Excel dengan kolom atau baris yang sama. Maksud dari deretan angka yang sama adalah jika Anda mempunyai beberapa angka yang ada pada baris atau kolom yang sama sehingga ini hanya diperlukan satu Fungsi Excel yang digunakan untuk mencari total atau jumlah dari deretan angka tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :


Cara Menjumlahkan Data Dengan Rumus Excel SUM

Pada contoh diatas terdapat deretan angka sebagai berikut : 15, 28, 35, 37, 39, dan 45. Inilah yang saya maksud sebuah deretan angka yang sama pada satu kolom atau baris sehingga untuk mencari totalnya Anda tinggal menggunakan Fungsi Rumus Excel SUM. Angka 199 merupakan total penjumlahan dari deretan angka tersebut dengan menggunakan rumus SUM. 

Untuk menjumlahkan data tersebut dapat Anda lihat pada baris rumus yang diberi kotak dengan warna merah paling atas sebelah kanan. Fungsi tersebut tertulis sebagai berikut :

=SUM(A1:A6)

Keterangan untuk Fungsi tersebut dapat saya jelaskan sebagai berikut : A1 merupakan range angka awal pada deretan sedangkan A6 merupakan range yang terdapat pada akhir deretan angka. Dengan kata lain bahwa Fungsi Rumus Excel SUM ini adalah penjumlahan sebuah deretan angka yang diawali dengan range pertama dan diakhiri dengan range paling bawah. Fungsi tersebut dapat juga menggunakan rumus sebagi berikut :

=SUM(A1;A2;A3;A4;A5;A6)

Jika Anda menggunakan rumus kedua seperti diatas maka hasilnya akan tetap sama yaitu 199. Untuk menggunakannya silahkan sesuaikan dengan keinginan Anda atau gunakan yang menurut Anda lebih mudah.

2. Menggunakan Rumus Excel SUM pada baris atau kolom yang berbeda


Untuk Contoh yang kedua saya akan menjumlahkan data pada deretan angka yang lebih dari satu kolom atau baris. Misalkan Anda mempunyai dua deret angka yang akan dijumlahkan dengan menggunakan Fungsi Excel SUM. Untuk menyeelsaikan ini sebenarnya bisa dengan menjumlahkan satu kolom terlebih dahulu setelah itu total dari jumlah kolom pertama dan kedua tinggal ditambahkan manual dengan penjumlahan atau dengan rumus SUM jika hasil tersebut ada pada baris atau kolom yang sama. 

Tetapi saya akan menjelaskan bagaimana cara menjumlahkan dua deret angka tersebut dengan menggunakan Fungsi Excel SUM, ini dimaksudkan supaya Anda lebih memahami penggunaaan dua Fungsi Excel yang digabungkan menjadi satu. Alasannya karena pembahasan rumus excel kedepan akan banyak menggabungkan dua fungsi dalam satu rumus sehingga untuk memudahkan Anda memahaminya sebaiknya belajar penggabungan tersebut dari hal yang paling dasar. Tentu ini dimaksudkan untuk Anda yang pemula, bagi yang sudah ahli tidak perlu mempelajari ini lagi.  

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :

Cara Menjumlahkan Data Dengan Rumus Excel SUM


Pada contoh gambar diatas terdapat dua deret angka yang akan dijumlahkan dengan menggunakan Fungsi Rumus Excel SUM. Deret angka pertama dimulai dari range A1 dan diakhiri dengan range A6. Deret angka yang kedua dimulai dari range B1 dan diakhiri dengan range B6. Perhatikan rumus yang digunakan pada contoh tersebut yang terdapat palin atas dengan kotak garis warna merah.

=SUM(A1:A6;B1:B6)

Sangat mudah untuk membedakan contoh pertama dengan kedua bahwa ada pemisah tanda titik koma ( ; ) sebagai pembatas antara rumus pertama dan kedua. Inilah yang saya sampaikan diatas bahwa pemisah tanda ini akan sangat berguna jika Anda akan menggabungkan dua fungsi dalam satu rumus.

Sebagai tambahan bahwa untuk penjumlahan tersebut bisa juga menggunakan rumus =SUM(A1:B6) ini akan menjumlahakn seluruh angka dari mulai range A1 sampai dengan B6 tentu hasilnya akan sama dengan rumus diatas. SIlahkan Anda gunakan yang lebih mudah menurut Anda jika akan menjumlahkan angka pada Excel.

Itulah Fungsi Rumus Excel SUM yang bisa Anda gunakan untuk menjumlahkan data pada deretan angka Microsoft Excel. Saya rasa ini sangat mudah untuk dipahami bagi Anda yang mau untuk mempelajarinya. Saya tidak bermaksud menggurui tetapi hanya mencoba untuk berbagi sesuatu yang sudah saya pahami. Jika ada sesuatu yang salah atau tidak Anda pahami dalam artikel ini mari kita diskusikan melalui komentar artikel dibawah. Semoga artikel ini membantu Anda untuk lebih memahami tentang Fumgsi Rumus Excel SUM. 

Post a Comment for "Cara Menjumlahkan Data Dengan Rumus Excel SUM"