Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi EDATE Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi EDATE Dalam Microsoft Excel - Pembahasan kali ini masih sekitar fungsi - fungsi yang berkaitan dengan tanggal dan waktu. Beberapa fungsi lain tentang tanggal dan waktu yang telah saya jelaskan diantaranya adalah fungsi YEAR, YEARFRAC, WEEKNUM dan lain - lain.


EDATE ini berkaitan erat dengan tanggal sehingga hampir mirip dengan fungsi lain yang berkaitan juga dengan tanggal seperti DATE dan juga DATEDIF.


Fungsi utama dari EDATE adalah mengembalikan nilai yang mewakili angka sebagai tanggal sebelum atau setelah tanggal yang ditentukan. 

Fungsi ini cocok digunakan untuk membuat jadwal angsuran yang jatuh tempo setiap bulan dengan tanggal yang tetap.



Dalam artikel ini saya hanya akan menjelaskan tentang cara menggunakan fungsi EDATE dalam Microsoft Excel, untuk fungsi lain yang telah saya jelaskan silahkan pelajari pada artikel tersebut.

Cara Menggunakan Fungsi EDATE


Hampir sama seperti fungsi tanggal dan waktu yang lain bahwa dalam fungsi ini memiliki argumen start_date. Argumen ini digunakan sebagai batasan tanggal yang akan dihitung dengan menggunakan fungsi ini.

Sangat penting untuk memahami syntax dan juga argumen yang ada dalam fungsi ini atau juga fungsi yang lainnya sehingga kita tidak salah memilih fungsi yang akan digunakan pada saat pengolahan data.


Syntax Dasar Fungsi EDATE



Dalam fungsi EDATE ini terdapat dua argumen yang harus dipahami yaitu start_date dan months. Kedua argumen ini bersifat harus diisi atau bukan optional.

Dengan sifat wajib diisi terebut maka kedua argumen ini tidak boleh dikosongkan, dan jika dikosongkan akan menimbulkan Error.

Syntax Fungsi EDATE

=EDATE(start_date;months)

> start_date : merupakan tanggal yang menjadi dasar perhitungan, ini akan menjadi tanggal mulai dari periode yang dihitung tersebut.

> months : jumlah bulan setelah atau sebelum tanggal mulai ( start_date ). Jika nilainya positif maka artinya setelah tanggal mulai sedangkan jika negatif artinya sebelum tanggal mulai.

Contoh Fungsi EDATE Dalam Microsoft Excel


Setelah membahas tentang syntax dan juga argumen dari fungsi ini maka selanjutnya mari kita lihat contoh penggunaan fungsi ini dalam Excel.

Contoh Fungsi EDATE :

Masuk tanggal 08/05/2018 kedalam Microsoft Excel cell A1

Hasil dari Fungsi EDATE dari tanggal yang berada dalam cell A1 adalah :

Rumus : =EDATE(A1;1)
Hasil : 08/06/2018

Rumus : =EDATE(A1;2)
Hasil : 08/07/2018

Rumus : =EDATE(A1;3)
Hasil : 08/08/2018
 
Dalam contoh diatas terlihat bahwa dari tanggal 08/05/2018 jika argumen months diberikan angka 1 maka akan merubah 1 angka pada bulan tanpa merubah angka pada tanggalnya.

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa rumus ini cocok digunakan untuk menghitung angsuran dengan tanggal jatuh tempo yang tetap setiap bulannya.

Itulah penjelasan tentang cara menggunakan fungsi EDATE dalam Microsoft Excel, jika ada masalah yang akan didiskusikan mengenai fungsi ini silahkan isi kolom komentar dibawah artikel ini.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat maka bagikanlah kepada orang lain yang mungkin sedang membutuhkan solusi yang berkaitan dengan fungsi ini. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi EDATE Dalam Microsoft Excel"