Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menggunakan Fungsi EOMONTH Pada Microsoft Excel

Cara menggunakan Fungsi EOMONTH Pada Microsoft Excel - EOMONTH merupakan salah satu fungsi yang ada dalam Tanggal dan Waktu. Fungsi ini hampir sama dengan fungsi EDATE yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.


Perbedaan yang paling utama antara fungsi ini dengan fungsi EDATE adalah terletak pada hasil akhir yaitu untuk fungsi ini menunjukan tanggal yang ada pad akhir bulan.

Sedangkan fungsi EDATE hanya mengubah bulan saja tanpa mengubah tanggal yang ada dalam start_date.


Fungsi utama dari EOMONTH adalah mengembalikan sebuah angka atau nomor seri yang berbentuk tanggal yang merupakah tanggal terakhir di bulan yang bersangkutan.

Fungsi ini cocok digunakan untuk menghitung sesuatu yang jatuh tempo setiap akhir bulan.




Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara menggunakan fungsi EOMONTH pada Microsoft Excel, penjelasan ini termasuk juga tentang syntax dan argumen yang digunakan.

Cara Menggunakan Fungsi EOMONTH


Argumen dalam fungsi ini masih menggunakan start_date sebagai sebuah parameter awal penghtungan tanggal tersebut. Dari start_date ini akan muncul hasil yang menunjukan tanggal akhir bulan pada periode yang ditentukan.

Argumen yang ada pada EOMONTH ini hampir sama dengan argumen yang ada pada fungsi EDATE, karena memang kedua fungsi ini sangat mirip yang membedakan hanyalah tanggal dan bulan yang berubah dari masing - masing fungsi ini.


Syntax Dasar Fungsi EOMOTH



Fungsi EOMONTH ini memiliki dua argumen yang bersifat wajib untuk diisi. Dua argumen tersebut adalah start_date dan months.

Mohon dicatat bahwa kedua argumen ini bukan bersifat optional sehingga keduanya wajib untuk diisi.

Syntax fungsi EOMONTH

=EOMONTH(start_date;months)

> start_date : tanggal yang merupakan awal atau mulai dari penghitungan periode. Tanggal ini harus dibuat dalam format tanggal lengkap.

> months : jumlah bulan sebelum atau setelah tanggal mulai. Jika diisi dengan nilai positif maka akan dihitung setelah tanggal mulai, sedangkan jika negatif akan dihitung sebelum tanggal mulai.

Contoh Fungsi EOMONTH Dalam Microsoft Excel


Untuk lebih memahami tentang cara penggunaan fungsi ini silahkan perhatikan uraian dibawah ini :

Contoh Fungsi EOMONTH :

Masukan tanggal 08/05/2018 kedalam Microsoft Excel cell A1

Dengan fungsi EOMONTH akan menghasilkan tanggal sebagai berikut :

Contoh 1

Rumus : =EOMONTH(A1;1)
Hasil : 30/06/2018

Rumus : =EOMONTH(A1;2)
Hasil : 31/07/2018

Rumus : =EOMONTH(A1;3)
Hasil : 31/08/2018

Contoh 2

Rumus : =EOMONTH(A1;-1)
Hasil : 30/04/2018

Rumus : =EOMONTH(A1;-2)
Hasil : 31/03/2018

Rumus : =EOMONTH(A1;-3)
Hasil : 28/02/2018
 
Dalam contoh diatas terlihat bahwa dengan fungsi ini akan menghasilkan tanggal dengan posisi pada akhir setiap bulan sesuai dengan periode yang diberikan.

Jika argumen months diisi dengan angka positif maka perhitungannya maju atau ke bulan depan sedangkan jika negatif maka sebaliknya menjadi periode sebelum tanggal mulai.

Demikianlah penjelasan tentang cara menggunakan fungsi EOMONTH dalam Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Jika berkenan share dan bagikanlah artikel ini kepada orang lain yang mungkin sedang membutuhkan solusi yang berkaitan tentang fungsi ini.

Post a Comment for "Cara menggunakan Fungsi EOMONTH Pada Microsoft Excel"