Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi AND Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi AND Dalam Microsoft Excel - Dalam pembahsan kali ini Saya akan menjelaskan tentang Fungsi AND dalam Excel. Fungsi ini tergabung dalam kelompok Fungsi Logika.


Seperti beberapa fungsi logika lainnya bahwa fungsi ini akan melakukan pengetesan terhadap sebuah kondisi yang bernilai benar atau salah.

Fungsi utama dari AND adalah mengembalikan sebuah nilai menjadi TRUE jika argumen yang dievaluasi mengarah ke TRUE dan sebaliknya mengembalikan nilai menjadi FALSE jika argumen bernilai FALSE.

Secara umum Fungsi AND digunakan untuk memperluas cakupan pengetesan terhadap sebuah kondisi atau syarat yang digabungkan dengan Fungsi Excel yang lain.

Misalkan akan mengetes sebuah kondisi dengan Fungsi IF dan ternyata kondisi tersebut melebihi satu maka Fungsi IF ini akan digabungkan dengan AND untuk memperluas syarat atau kondisi yang akan dievaluasi.

Dalam artikel ini Saya akan membahas tentang cara menggunakan fungsi AND dalam Microsoft Excel. Penjelasan ini termasuk syntax, argumen serta contoh penerapannya pada Excel tersebut.


Cara Menggunakan Fungsi AND



Fungsi AND termasuk kedalam kelompok yang mudah dalam penggunaanya, karena tidak banyak argumen yang harus diisi dalam fungsi ini. Fungsi AND ini jarang digunakan kecuali digabungkan dengan fungsi yang lain.

Fungsi ini termasuk yang harus dipelajari karena banyak digunakan sebagai pendukung dari beberapa fungsi yang akan digunakan dalam pengolahan data.


Syntax Dasar Fungsi AND



Fungsi AND hanya memiliki satu argumen yaitu Logika1, tetapi argumen ini bisa bertambah jika syarat atau kondisi dari sebuah evaluasi lebih dari satu.

Maksimal untuk syarat dalam argumen ini adalah 255 kondisi sehingga ini memberikan keleluasaan bagi kita dalam melakukan pengolahan data.

Syntax Fungsi AND

=AND(logika1;[logika2];...)

> logika1 : merupakan kondisi pertama yang akan dievaluasi baik menjadi TRUE maupun FALSE.

> logika2 : merupakan kondisi atau syarat kedua yang akan diuji menjadi TRUE atau FALSE.

Argumen untuk logika tersebut bisa berupa array atau referensi yang berisi nilai sebagai pendukung logika yang akan diuji tersebut.

Contoh Fungsi AND Dalam Excel


Setelah memahami syntax dan juga membaca penjelsan tentang argumen dari fungsi ini selanjutnya mari kita lihat contoh penggunaanya dalamMicrosoft Excel.

Contoh fungsi AND

Masukan angka 5 kedalam Excel cell A1

Dengan fungsi AND akan menghasilkan nilai sebagai berikut :

Rumus : =AND(A1>1;A1<10)
Hasil : TRUE
Penjelasan : angka 5 dalam cell A1 tersebut diuji dengan 2 kondisi yaitu lebih besar dari 1 dan lebih kecil dari 10. Kedua kondisi ini menghasilkan TRUE karena angka 5 memang lebih besar dari 1 dan juga lebih kecil dari 10.

Rumus : =AND(A1>10;A1<20)
Hasil : FALSE
Penjelasan : cell A1 atau angka 5 diuji dengan dua kondisi yaitu diatas 10 dan dibawah 20. Ini otomatis akan menghasilkan FALSE karena angka 5 bukan diatas 10 dan dibawah 20
Beberapa fungsi memang jarang digunakan jika hanya fungsi itu saja, tetapi fungsi tersebut sangat sering digunakan dalam pengolahan data yang mengabungkan 2 atau lebih fungsi dalam Excel.

Menurut saya ini merupakan salah satu fungsi yang sering digunakan jika digabungkan dengan fungsi yang lain.

itulah penjelsan tentang cara menggunakan fungsi AND dalam Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi AND Dalam Microsoft Excel "