Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi OR Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi OR Dalam Microsoft Excel - Dalam pembahasan kali ini masih seputar fungsi Excel yang berkaitan dengan Fungsi Logika. Seperti yang saya sampaikan dalam artikel sebelumnya bahwa fungsi logika ini berkaitan dengan pengujian terhadap kondisi yang bisa bernilai TRUE atau FALSE.


Hampir sama dengan Fungsi AND yang telah saya bahas sebelumnya bahwa Fungsi OR ini lebih sring digunakan dengan cara digabungkan dengan Fungsi yang lain menjadi sebuah rumus dalam pengolahan data.


Perbedaan mendasar dari Fungsi AND dan Fungsi OR adalah pada Fungsi OR dua kondisi atau lebih hanya memenuhi satu yang bernilai TRUE atau FALSE sedangkan pada fungsi AND dua syarat tersebut harus sama - sama bernilai TRUE atau FALSE.


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara menggunakan fungsi OR dalam Microsoft Excel. Penjelasan ini termasuk juga rincian syntax dasar serta penjelasan argumen dalam fungsi ini.

Cara Menggunakan Fungsi OR


Fungsi OR memiliki satu argumen dasar yaitu logika1 tetapi argumen ini bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan dengan maksimal argumen tersebut adalah 255 kondisi.

Gunakan Fungsi OR jika salah satu kondisi dalam pengujian bernilai TRUE atau FALSE.

Fungsi OR biasanya digunakan untuk memperluas cakupan syarat atau kondisi yang digunakan pada sebuah rumus dalam Microsoft Excel. Rumus ini merupakan penggabungan dari dua atau lebih Fungsi dalam Excel.


Syntax Dasar Fungsi OR



Seperti yang disebutkan diatas bahwa fungsi ini memiliki satu argumen yang bisa ditambahkan hingga 255 kondisi atau syarat.

Syntax Fungsi OR

=OR(logika1;[logika2]...)

> logika1 : merupakan syarat atau kondisi pertama yang akan diuji dengan menghasilkan TRUE atau FALSE.

> logika2 : merupakan syarat atau kondisi kedua yang akan diuji untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.

Contoh Fungsi OR


Setelah memahami syntax dan juga argumen dari fungsi ini selanjutnya berikut ini contoh penggunaannya dalam Microsoft Excel :

Contoh OR dalam Excel :

Masukan angka 45 kedalam Microsoft Excel cell A1

Dengan menggunakan Fungsi OR akan menghasilkan nilai sebagai berikut :

Rumus : =OR(A1>30;A1<60)
Hasil : TRUE
Penjelasan : angka 45 diuji dengan dua kondisi yang sama - sama bernilai TRUE maka hasil dari fungsi tersebutpun bernilai TRUE.

Rumus : =OR(A1>60;A1<100)
Hasil : TRUE
Penjelasan : dalam pengujian kedua ini salah satu bernilai TRUE dan satunya bernilai FALSE maka fungsi ini akan menghasilkan TRUE

Rumus : =OR(A1>80;A1<40)
Hasil : FALSE
Penjelasan : dalam pengujian ketiga dua nilai tersebut menghasilkan FALSE maka fungsi inipun akan menghasilkan FALSE.
 
Dalam contoh diatas dari tiga pengujian tersebut terlihat bahwa Fungsi ini akan menghasilkan TRUE jika minimal dari syarat atau kondisi tersebut ada yang memenuhi syarat atau bernilai TRUE.

Jika kedua syarat tersebut bernilai FALSE maka secara otomatis fungsi inipun akan menghasilkan FALSE.

Itulah penjelasan tentang cara menggunakan fungsi OR dalam Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat.

Jika berkenan bagikanlah artikel ini kepada orang lain yang mungkin sedang membutuhkan solusi yang berkaitan dengan fungsi OR.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi OR Dalam Microsoft Excel"