Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS Dalam Microsoft Excel - Pada artikel sebelumnya Saya telah menjelaskan tentang cara menggunakan Fungsi SUMIF Dalam Microsoft Excel. Nama fungsi tersebut sangat mirip dengan fungsi yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu SUMIFS.


Memang kemiripan namanya sama juga menghasilkan sebuah angka yang mirip antara kedua fungsi ini. SUMIF digunakan untuk menjumlahkan deret angka dengan kriteria tertentu. 

SUMIFS dapat digunakan untuk menjumlahkan deret angka dengan kriteria yang lebih dari satu. Inilah letak perbedaan utama antara SUMIF dengan SUMIF yaitu SUMIF hanya satu kriteria sedangkan SUMIFS lebih dari satu kriteria.

Dalam artikel ini Saya akan menjelaskan tentang cara menggunakan Fungsi SUMIFS Dalam Microsoft Excel yang meliputi Syntax, argumen serta contoh penggunaanya langsung kedalam Excel.


Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS



Untuk menggunakan fungsi ini sama dengan fungsi - fungsi yang lainnya bahwa yang terpenting adalah memahami syntax dan juga argumen - argumen yang ada pada fungsi ini.

Dalam Fungsi SUMIFS terdapat 4 argumen penting yang harus diketahui yaitu sum_range, criteria_range1, criteria1criteria_range2 dan criteria2. Khusus untuk criteria_range dan criteria ini bisa lebih dari dua dan silahkan gunakan sesuai dengan kebutuhan.


Syntax Dasar Fungsi SUMIFS



Untuk lebih memahami argumen - argumen yang ada dalam fungsi ini mari kita bahas satu persatu.

Syntax Fungsi SUMIFS

=SUMIFS(sum_range;criteria_range1;criteria1;[criteria_range2;criteria2];...)

> sum_range : merupakan rentang cell atau deretan angka yang akan dijumlahkan dengan kriteria yang telah ditentukan.

> criteria_range1 : merupakan rentang atau kolom yang berisi syarat pertama untuk mejumlahkan angka pada sum_range.

> criteria1 : merupakan kriteria pertama yang diambil dari kolom atau range criteria_range1.

criteria_range2 : merupakan rentang atau kolom yang berisi syarat kedua untuk mejumlahkan angka pada sum_range.

> criteria1 : merupakan kriteria kedua yang diambil dari kolom atau range criteria_range1.

> ... : ini merupakan tanda bahwa criteria dan criteria_range  masih bisa ditambahkan menjadi criteria 3 atau criteria 4 dan seterusnya.


Contoh Penggunaan Fungsi SUMIFS


Setelah memahami syntax dan juga argumen yang terdapat dalam fungsi ini selanjutnya mari kita lihat bagaimana penerapan fungsi ini langsung kedalam Microsoft Excel. Perhatikan gambar dibawah ini :


contoh sumifs dalam excel

Dalam contoh gambar diatas hampir sama dengan contoh pada penggunaan Fungsi SUMIF ini sengaja saya berikan karena untuk memudahkan Anda memahami perbedaan antara SUMIF dengan SUMIFS.

Dalam Fungsi SUMIF hanya ada 1 kriteria penjumlahan yaitu kolom Type Barang sedangkan dalam contoh ini ada 2 kriteria atau ada tambahan 1 kriteria lagi selain Type Barang yaitu Salesman.

Dari data diatas yang harus dijumlahkan adalah berapa jumlah penjualan barang masing - masing type dan juga dipisahkan berdasarkan salesman.

Rumus yang saya gunakan dengan Fungsi SUMIFS untuk menjumlahkan data diatas adalah sebagai berikut :

Gunakan Rumus dibawah ini untuk menjumlahkan Penjualan tersebut :

Kolom D17 Type Barang ATK dan Salesman Budi :

Rumus : =SUMIFS($G$6:$G$13;$C$6:$C$13;B17;$D$6:$D$13;C17)
Hasil : 186.000  

Kolom D18 Type Barang ATK dan Salesman Andi :

Rumus : =SUMIFS($G$6:$G$13;$C$6:$C$13;B18;$D$6:$D$13;C18)
Hasil :362.000  

Kolom D19 Type Barang Buku dan Salesman Budi :

Rumus : =SUMIFS($G$6:$G$13;$C$6:$C$13;B19;$D$6:$D$13;C19)
Hasil : 30.000  

Kolom D20 Type Barang Buku dan Salesman Andi :

Rumus : =SUMIFS($G$6:$G$13;$C$6:$C$13;B20;$D$6:$D$13;C20)
Hasil : 65.000  

Kolom D21 Type Barang DVD dan Salesman Budi :

Rumus : =SUMIFS($G$6:$G$13;$C$6:$C$13;B21;$D$6:$D$13;C21)
Hasil : 25.000  

Kolom D22 Type Barang Budi dan Salesman Andi :

Rumus : =SUMIFS($G$6:$G$13;$C$6:$C$13;B22;$D$6:$D$13;C22)
Hasil : -  

Untuk lebih jelasnya tentang penggunaan Fungsi SUMIFS ini silahkan dipelajari juga artikel yang membahas tentang Fungsi SUMIF karena dalam artikel ini saya sudah menjelaskan dengan lebih rinci daripada artikel ini.

Dalam contoh diatas untuk sum_range berada pada kolom G tabel 1. Untuk criteria_range1 ada dalam tabel 1 kolom C sedangkan criteria1 ada dalam tabel 2 kolom B. Untuk criteria_range2 ada dalam tabel pertama kolom D sedangkan criteria2 berada dalamtabel kedua kolom C.

Untuk masalah penggunaan tanda $ dalam rumus diatas sudah saya jelaskan juga dalm artikel Fungsi SUMIF silahkan dipelajari juga sebagai tambahan pengetahuan tentang mengunci cell supaya tidak bergeser pada saat dilakukan copy rumus kedalam range yang berbeda.

Itulah penjelasan tentang cara menggunakan fungsi SUMIFS dalam Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada hal yang akan didiskusikan silahkan isi kolomkomentar dibawah ini.  

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS Dalam Microsoft Excel"