Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghitung Bonus Penjualan Berdasarkan Umur Piutang Dalam Microsoft Excel

Menghitung Bonus Penjualan Berdasarkan Umur Piutang Dalam Microsoft Excel - Menghitung bonus atau komisi penjualan memang banyak caranya. 

Cara ini tergantung dari ketetapan yang dibuat oleh perusahaan. Misalnya ada yang berdasarkan penjualan saja, berdasarkan persentase target atau berdasarkan umur piutang / AR.

Untuk cara menghitung komisi berdasarkan penjualan dan persen target tertentu telah saya bahas pada artikel yang lain, silahkan dipelajari.


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung bonus penjualan berdasarkan umur piutang atau umur AR. Dalam perhitungan ini saya akan menggunakan beberapa fungsi dalam Excel yaitu Fungsi IF, Fungsi SUMIF dan juga Fungsi SUM.



Masing - masing dari fungsi tersebut diatas telah saya jelaskan dalam artikel yang lain, silahkan dipelajari.


Cara Menghitung Bonus Berdasarkan Umur Piutang



Dalam sebuah perusahaan terkadang ada yang memberikan bonus penjualan setelah faktur penjualan tersebut lunas dibayar oleh customer. 

Ini diberlakukan untuk menghindari adanya kredit macet yang muncul dari penjualan salesman yang kadang hanya memikirkan target dan tidak mempedulikan pembayaran atas penjualan mereka.


Adapaun batasan untuk pemberian persentase atas target tersebut adalah jumlah hari atas pembayaran faktur tersebut yang dibayar lunas oleh customer. 

Jika ada customer yang membayar faktur tersebut dengan cara cicilan maka besaran persentase bonus dihitung dari pembayaran bukan dari nilai faktur.


Rumus Excel Untuk Menghitung Bonus


Untuk menghitung bonus dengan ketentuan seperti ini saya akan menggunakan beberapa Fungsi Excel yaitu fungsi IF, Fungsi SUMIF dan Fungsi SUM.

> Fungsi IF

Fungsi IF ini saya gunakan untuk menentukan batasan atas persentase yang dihitung berbeda dengan dasar jumlah hari pembayaran faktur. Selengkapnya tentang fungsi ini silahkan pelajari dalam artikel yang telah dibahas sebelumnya.


> Fungsi SUMIF

Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan total bonus persalesman setelah dihitung masing - masing bonus berdasarkan tanggal pembayaran faktur.


> Fungsi SUM

Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan seluruh komisi yang didapatkan oleh masing - masing salesman yang bersumber dari nilai faktur.


Saran Saya mohon untuk dipelajari ketiga Fungsi tersebut diatas karena saya tidak akan membahasnya pada artikel ini, kecual jika sudah paham tentang cara menggunakan tiga fungsi tersebut mari kita lanjutkan melihat contoh menghitung bonus ini.

Contoh Menghitung Bonus Berdasarkan Umur Piutang


Untuk contoh penghitungan bonus dalam Microsoft Excel silahkan pelajari uraian dibawah ini yang merupakan ketentuan dari batasan pemberian bonus dengan dasar jumah hari pembayaran AR.


Dalam sebuah perusahaan komis atau bonus penjualan salesman dibayarkan dengan dasar hari Piutang dengan ketentuan sebagai berikut :

>60 hari tidak mendapatkan bonus
30-60 hari bonus 2%
<30 hari bonus 5% 


Berdasarkan ketentuan diatas untuk penghitungan bonusnya perhatikan gambar dibawah ini :


rumus excel untuk menghitung bonus


Dalam gambar diatas terdapat 2 tabel yaitu tabel 1 dan tabel 2. Tabel 1 merupakan penghitungan bonus berdasarkan masing - masing faktur. Tabel 2 merupakan penghitungan besaran komisi yang didapatkan oleh masing-masing salesman berdasarkan tabel 1.

Rumus untuk menghitung bonus diatas adalah sebagai berikut :


Rumus untuk menghitung bonus pada Tabel 1 :




Dalam Tabel 1 ini yang diberikan rumus adalah kolom H dan kolom I. Kolom H untuk menentukan persen bonus dan kolom I total bonus per Faktur. 


Rumus Kolom H4 : =IF(G4>60;0%;IF(G4>=30;2%;5%))




Rumus ini sesuai dengan ketentuan pada persentase pemberian bonus yang ditetapkan berdasarkan umur piutang. Untuk Rumus H5 dan seterusnya silahkan copy pastekan rumus dari H4.


Rumus Kolom I4 : =H4*F4  


Untuk rumus I5 dan seterusnya silahkan copy paste dari I4


Rumus untuk menghitung bonus pada Tabel 2 :




Tabel 2 merupakan bonus yang didapatkan masing - masing salesman, untuk sumber besaran bonusnya diambil dari Tabel 1 kolom I. Dalam Tabel 2 ini yang diberikan rumus adalah kolom D.


Rumus Kolom D17 : =SUMIF($B$4:$B$11;B17;$I$4:$I$11)
Rumus Kolom D18 : =SUMIF($B$4:$B$11;B18;$I$4:$I$11)




Rumus ini akan menjumlahkan berapa total bonus yang diterima oleh masing - masing salesman.

Untuk penjelasan tentang syntax dan argumen masing - masing fungsi silahkan baca bahasannya pada artikel tentang fungsi tersebut. Sekaligus disitu saya jelaskan juga tentang penggunaan tanda $ untuk mengunci cell pada saat copy paste.

Itulah penjelasan tentang cara menghitung bonus penjualan berdasarkan umur piutang, semoga artikel ini bermanfaat.  

Post a Comment for "Menghitung Bonus Penjualan Berdasarkan Umur Piutang Dalam Microsoft Excel"