Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi WEEKDAY Dalam Microsof Excel

Cara Menggunakan Fungsi WEEKDAY Dalam Microsof Excel - Fungsi WEEKDAY merupakan sebuah fungsi didalam Microsoft Excel yang tergabung kedalam kelompok Tanggal dan Waktu. Fungsi tanggal dan waktu merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung atau mengidentifikasi sebuah angka atau menghasilkan sebuah angka Integer yang mewakili jumlah atau tanggal.


Fungsi utama dari WEEKDAY adalah mengembalikan sebuah nilai secara default yang dimulai dengan angka 1 sampai dengan 7 yang mewakili hari antara minggu dan sabtu. Jadi dalam fungsi ini angka yang dihasilkan merupakan posisi hari keberapa dalam periode minggu tersebut. Beberapa Fungsi lain yang berkaitan dengan tanggal dan waktu telah saya bahas silahkan untuk dipelajari.


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan fungsi WEEKDAY dalam Excel yang meliputi : fungsi, syntax, argumen dan contoh penggunaannya.




Cara Menggunakan Fungsi WEEKDAY


Untuk dapat menggunakan fungsi ini dalam Excel tentu hal terpenting yang wajibuntuk dipahami adalah syntax dan argumen dari fungsi tersebut. Ada dua argumen penting dalam fungsi ini yaitu serial_number dan return_type.

Syntax Dasar Fungsi WEEKDAY Dalam Microsoft Excel


Seperti yang disebutkan diatas bahwa syntax merupakan hal terpenting yang harus dipahami dalam penggunaan Fungsi WEEKDAY. Menurut saya fungsi ini termasuk kedalam fungsi yang mudah digunakan karena hanya memiliki satu argumen yang wajib untuk diisi sedangkan yang satunya lagi hanya bersifat opsional artinya boleh diisi boleh juga dikosongkan karena ini tergantung kebutuhan pada saat pengolahan data.

Syntax Dasar Fungsi WEEKDAY

=WEEKDAY(serial_number;[return_type])

> serial_number : diisi dengan tanggal yang akan dicari hasilnya. Ini harus diisi dengan format tanggal karena jika diinput dengan format teks maka akan muncul error pada hasil dari fungsi ini.

> return_type : Ini bersipat opsional boleh diisi dan boleh juga dikosongkan. Ini diisi oleh angka yang menunjukan hari mulai diwakili dengan angka berapa dan bgtu juga dengan hari akhir diwakili dengan angka berapa. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel dibawah ini :


Angka return_type
Angka mewakili hari
atau dihilangkan
Angka 1 ( Minggu ) sampai angka 7 ( Sabtu )
2
Angka 1 ( Senin ) sampai angka 7 ( Minggu )
3
Angka 0 ( Senin ) sampai angka 6 ( Minggu )
11
Angka 1 ( Senin ) sampai angka 7 ( Minggu )
12
Angka 1 ( Selasa ) sampai angka 7 ( Senin )
13
Angka 1 ( Rabu ) sampai angka 7 ( Selasa )
14
Angka 1 ( Kamissampai angka 7 ( Rabu )
15
Angka 1 ( Jumat ) sampai angka 7 ( Kamis )
16
Angka 1 ( Sabtu ) sampai angka 7 ( Kamis )
17
Angka 1 ( Minggu ) sampai angka 7 ( Sabtu )

Dari tabel diatas terlihat bahwa banyak opsi yang bisa dipilih untuk mengisi return_type dan ini hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan pengolahan data Excel yang sedang dilakukan.

Contoh Penggunaan Fungsi WEEKDAY

  
Setelah menjelaskan tentang syntax dan argumen tentang fungsi WEEKDAY ini maka selanjutnya mari kita lihat contoh penggunaan fungsi ini pada Microsoft Excel.

Untuk contoh perhatikan uraian dibawah ini :

Dalam Excel Cell A1: 14/05/2018

Rumus : =WEEKDAY(A1;1)
Hasil : 2

Rumus : =WEEKDAY(A1;2)
Hasil : 1

Rumus : =WEEKDAY(A1;3)
Hasil : 0
Itulah bagaimana cara menggunakan Fungsi WEEKDAY dalam Microsoft Excel. Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca. Jika ada hal yang salah atau ada yang akan didiskusikan silahkan isi komentar dibawah.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman - teman yang mungkin sedang membutuhkan solusi untuk penggunaan fungsi ini dalam Excel. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi WEEKDAY Dalam Microsof Excel"