Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi NETWORKDAYS Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi NETWORKDAYS Dalam Microsoft Excel - Fungsi NETWORKDAYS dapat digunakan untuk menghitung semua hari kerja diantara tanggal awa dan akhir. Hari kerja yang tidak termasuk akhir pekan atau tanggal lain yang akan mengurangi total dari hari kerja tersebut.


Fungsi ini sangat cocok digunakan untuk menghitung tunjangan karyawan yang dibayarkan dengan dasar harikerja sebagai perhitungan dalam periode tertentu.

Fungsi NETWORKDAYS ini hampir mirip dengan Fungsi DATEDIF dimana hasil dari fungsi tersebut adalah sebuah angka integer yang merupakan jumlah dari tanggal awal dan tanggal akhir, tetapi dalam NETWORKDAYS terdapat jumlah tertentu sebagai hari yang mengurangi dari jumlah hari.


NETORKDAYS masuk kedalam kelompok Fungsi Tanggal Dan Waktu, sehingga memiliki beberapa kemiripan dalam hal syntax dan juga argumen yang digunakan. Pemilihan fungsi apa yang akan digunakan sangat bergantung kepada data seperti apa yang akan diolah.



Dalam artikel ini saya hanya akan menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan fungsi NETWORKDAYS dalam Microsoft Excel, untuk fungsi yang lain yang berkaitan dengan tanggal dan waktu silahkan pelajari pada artikel yang telah dijelaskan sebelumnya.


Cara Menggunakan Fungsi NETWORKDAYS



Untuk dapat menggunakan sebuah fungsi dengan tepat dibutuhkan pemahaman terhadap fungsi dan juga syntax serta argumen yang dimiliki oleh sebuah fungsi dalam Microsoft Excel.

Fungsi dari NETWORKDAYS telah saya jelaskan diatas, untuk lebih memahami tentang fungsi ini saya akan jelaskan tentang syntax, argumen dan juga contoh penggunaannya.


Syntax Dasar Fungsi NETWORKDAYS



Ada 3 argumen dasar yang harus dipahami untuk menggunakan fungsi ini, semua argumen itu tercantum dalam syntax dan harus dipenuhi untuk menghasilkan angka total jumlah hari dalam periode diantara tanggal awal dan tanggal akhir tersebut.

Syntax Fungsi NETWORKDDAYS

=NETWORKDAYS(start_date;end_date;[holiday])

> start_date : diisi dengan tanggal awal dari sebuah periode yang akan dihitung jumlah hari kerjanya.

> end_date : merupakan tanggak akhir dari periode yang akan menghitung total hari kerja.

> holiday : Ini bersufat optional, boleh disi dan boleh juga dikosongkan. Ini merupakan tanggal yang dikurangkan dari perhitungan hari kerja seperti hari libur, cuti atau bisa juga diisi dengan tanggal tertentu sebagi pengurang dari perhitungan.

Contoh Penggunaan NETWORKDAYS Dalam Excel


Setelah memahami syntax serta argumen yang harus diisi dalam fungsi NETWORKDAYS ini maka selanjutnya mari kita lihat contoh penggunaanya dalam Microsoft Excel.

Dalam sebuah proyek diketahui data sebagai berikut :

Dalam Cell A1 : Tanggal Mulai Proyek : 01-05-2018
Dalam Cell A2 : Tanggal Selesai Proyek : 31-05-2018

Hari Libur Selama Pelaksanaan Proyek :

Dalam Cell A3 : 01-05-2018 Hari Buruh Sedunia
Dalam Cell A4 : 10-05-2018 Kenaikan Yesus Kristus
Dalam Cell A4 : 29-05-2018 Hari Raya Waisak

Untuk menghitung berapa total harikerja berdasarkan data diatas dapat dilakukan sebagai berikut :

Contoh 1 jika dianggap tanpa hari libur :

Rumus : =NETWORKDAYS(A1;A2)

Hasil : 23

Penjelasan : Total jumlah hari selama bulan Mei 2018 adalah 31 dikurangi dengan hari sabtu dan minggu 8 hari, jadi total hari kerja adalah 23.

Contoh 2 Jika hari libur hanya tanggal 01-05-2018 :

Rumus : =NETWORKDAYS(A1;A2;A3)

Hasil : 22

Penjelasan : Total jumlah hari kerja selama bulan Mei dikurang sabtu dan minggu adalah 23 dikurangi 1 hari libur menjadi 22.

Contoh 3 Jika hari libur dihitung semua selama 3 hari :

Rumus : =NETWORKDAYS(A1;A2;A3:A5)

Hasil : 20

Penjelasan : Total hari kerja dikurangi sabtu minggu adalah 23 kemudian dikurangi 3 hari libur menjadi 20 hari.
   
Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi ini menghitung total jumlah hari kerja pada periode tertentu dengan dikurang oleh weekend yaitu hari sabtu dan minggu. Bagaimana jika weekend hanya dihitung hari sabtu saja ? akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

Itulah penjelesana tentang bagaimana cara menggunakan fungsi NETWORKDAYS dalam Microsoft Excel. Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan bisa menambah pengetahuan kita tentang fungsi - fungsi yang ada dalam Microsoft Excel.

Jika pembaca merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman - teman yang mungkin sedang membutuhkan solusi tentang cara menggunakan fungsi ini dalam Excel. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi NETWORKDAYS Dalam Microsoft Excel"