Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Dan Cara Menggunakan Rumus DAY Dalam Microsoft Excel

Fungsi Dan Cara Menggunakan Rumus DAY Dalam Microsoft Excel - Fungsi DAY termasuk kedalam kelompok fungsi yang berkaitan dengan hari dalam Microsoft Excel. Fungsi ini merupakan sebuah rumus dasar yang dapat digabungkan dengan fungsi atau rumus lainnya untuk membentuk sebuah rumus dalam pengolahan data dengan akurasi dan hasil yang cepat dan bagus.


Dalam Artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Fungsi DAY dalam Microsoft Excel dan sekaligus akan memberikan contohnya untuk mempermudah pemahaman terhadap fungsi ini.

Fungsi Utama dari DAY adalah mengembalikan sebuah angka atau deretan angka uang berbentuk tanggal menjadi sebuah angka yang menunjukan tanggal ( hari ). Ini akan nebghasilkan bilangan bulat dengan rentang antara 1-31 yang mewakili tanggal.


Cara Menggunakan Fungsi DAY Dalam Microsft Excel


Untuk menggunakan fungsi DAY dalam Excel sangat mudah, karena dalam fungsi ini hanya terdiri dari satu argumen yang akan menghasilkan satu deret angka integer dengan isi antara 1-31 yang merupakan seri tanggal dari bulan tertentu.

Syntax Fungsi DAY


Untuk pemahaman tentang syntax dan argumnetasi dari fungsi DAY ini silahkan baca pada penjelasan dibawah ini :

Sytax Dasar Fungsi DAY

=DAY(serial_number)

Serial_number ini diisi dengan deretan tanggal yang lengkap atau terdiri dari tanggal, bulan dan tahun. Tanggal ini bisa diisi dengan sebuah angka yang sudah berformat tanggal atau merupakan hasil dari fungsi lain seperti DATE untuk menghasilkan sebuah angka dengan format tanggal.


Contoh Fungsi Day Dalam Miceosoft Excel


Untuk memudahkan pemahaman tentang fungsi DAY ada baiknya pelajari fungsi dan juga syntax serta argumen dari fungsi tersebut. Setelah memahaminya berikut ini contoh penggunaan fungsi DAY dalam Microsoft Excel.
  

Misalkan dalam Excel terdiri deretan tanggal sebagai berikut :

sel A1 : 15-Jan-2017
sel A2 : 4-Feb-2018


Maka dengan menggunakan fungsi DAY akan menghasilkan angka sebagai berikut :

Rumus : =DAY(A1)
Hasil : 15

Rumus : =DAY(A2)
Hasil : 4
 
Dari contoh diatas dapat saya simpulkan bahwa secara otomatis fungsi DAY akan mengambil infoemasi tanggal berupa angka dari sebuag deretan tanggal. 

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa fungsi ini sangat mudah digunakan karena merupakan fungsi dasar yang biasanya akan digabungkan dengan fungsi lainnya untuk menghasilkan sebuah rumus dalam pengolahan data.

Itulah penjelasan mengenai cara menggunakan Fungsi DAY dalam Microsoft Excel. Saya sangat berharap artikel ini membantu pembaca dalam menyelesaikan pengolahan data yang berkaitan dengan fungsi DAY.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada orang lain yang mungkin sedang membutuhkan solusi untuk menggunakan fungsi DAY ini.

Post a Comment for "Fungsi Dan Cara Menggunakan Rumus DAY Dalam Microsoft Excel"