Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi DATEDIF Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi DATEDIF Dalam Microsoft Excel - DATEDIF merupakan salah satu fungsi yang dapat digunakan untuk pengolahan tanggal pada Microsoft Excel. Pengolahan tanggal dalam Excel akan banyak digunakan sehingga ini merupakan satu dari beberapa fungsi Excel yang harus dipelajari. 


Cara menggunakan DATEDIF dalam Microsoft Excel sangat mudah, sehingga fungsi inipun banyak dipilih untuk mengolah data yang berkaitan dengan tanggal. Misalkan perhitungan umur, masa kerja dan perhitungan lainnya yang berhubungan dengan tanggal. 

Dalam artikel ini Saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan fungsi DATEDIF dalam Microsoft Excel serta contoh dalam penggunaan fungsi tersebut langsung kedalam Microsoft Excel.




Cara Menggunakan Fungsi DATEDIF


Fungsi DATEDIF akan menghitung jumlah hari, bulan dan tahun diatara tanggal awal dan tanggal akhir. Sumber data utama yang dibutuhkan oleh fungsi ini adalah tanggal awal dan tanggal akhir sebagai parameter yang akan digunakan dalam perhitungan jumlah hari, bulan ataupun tahun.

Syntax Fungsi DATEDIF :
=DATEDIF(tglawal;tglakhir;satuan)

Argumen penting dalam syntax DATEDIF yang harus dipahami yaitu :


  • Tglawal : meruakan tanggal awal dari sebuah perhitungan untuk periode tertentu.
  • Tglakhir : merupakan tanggal akhir dalam sebuah periode, biasanya tanggal akhir akan lebih muda dari tanggal awal.
  • Satuan : merupakan kode tambahan dalam menggunakan fungsi ini.

Perlu diketahui bahwa utuk argumen satuan ada 6 yang bisa digunakan dalam mencari jumlah tanggal, bulan atau tahun pada periode tertentu, yaitu :


  1. Y : merupakan jumlah tahun dari total periode yang sudah berjalan.
  2. M : jumlah total bulan dalam periode yang sudah berlalu.
  3. D : jumlah hari dalam sebuah periode.
  4. MD : jumlah hari dalam periode diatara tanggal awal dan akhir. Dalam argumen ini bulan dan tahuan diabaikan.
  5. YM : jumlah bulan dalam periode antara tanggal awal dan akhir. Dalam argumen ini hari dan tahun diabaikan.
  6. YD : jumlah hari dari tanggal awal dan akhir. Dalam argumen ini tahun dan tanggal diabaikan. 

Mohon untuk diperhatikan dalam pemilihan argumen untuk satuan sehingga tidak akan salah dan sesuai dengan kebutuhan dalam pengolahan data excel yang sedang atau akan dilakukan.

Selain itu perhatikan juga penulisan fungsi ini yaitu DATEDIF karena jika salah akan menimbulkan error #NAME pada saat pengolahan data.


Contoh Penggunaan Fungsi DATEDIF Dalam Excel


Mohon dipahami terlebih dahulu penjelasan dan juga syntax penulisan fungsi ini. Setelah memahami semua argumen tersebut silahkan perhatikan gambar dibawah ini :


contoh fungsi datedif
  
Dari contoh diatas perhatikan kolom F yang merupakan rumus untuk fungsi DATEDIF ini, hasil dari fungsi tersebut terlihat di kolom F. Silahkan pelajari dan pahami kembali serta cocokan dengan satuan dan hasilnya untuk memahami perbedaan dari masing - masing satuan tersebut. Penjeasan untuk hasil dari fungsi dan pemilihan satuan terlihat dalam kolom G untuk dibandingan antara satuan yang satu dengan yang lainnya.

Kunci yang terpenting dari fungsi ini adalah pemilihan satuan, sehingga seperti yang saya sebutkan diatas bahwa pemilihan satuan akan menghasilkan angka yang berbeda. Tentukan dan pilih fungsi sesuai dengan kebutuhan untuk menghasilan angka yang diinginkan dalam pengolahan data excel tersebut.

Itulah penjelasan singkat mengenai penggunaan fungsi DATEDIF dalam Excel. Saya tidak bermaksud untuk menggurui, jika ada salah cara kata ataupun penulisan dalam artikel ini mari kita diskusikan dalam kolom komentar dibawah. Jika Anda menyukai artikel ini silahkan share untuk berbagi ilmu kepada orang lain.  

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi DATEDIF Dalam Microsoft Excel"