Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi YEAR Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi YEAR Dalam Microsoft Excel - YEAR merupakan satu dari beberapa fungsi yang tergabung dalam kelompok Fungsi Tanggal dan Waktu. Seperti namanya fungsi ini akan menghitung sesuatu yang berkaitan dengan tahun.


Fungsi utama dari YEAR adalah menghitung Tahun yang berkaitan dengan satu tanggal dan dari fungsi ini akan menghasilkan bilangan bulat yang mewakili tahun dengan rentang antara 1900-9999.

Fungsi YEAR ini mirip dengan Fungsi DAY atau Fungsi MONTH yang semuanya akan menghasilkan bilangan bulat yang mewakili tanggal ataupun bulan.
  

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara menggunakan Fungsi YEAR dalam Microsoft Excel. Pembahasan ini mencakup syntax dasar fungsi, argumen dan penjelasannya serta dengan contoh penggunaanya dalam Excel.


Cara Menggunakan Fungsi YEAR


Menurut saya Fungsi YEAR ini cukup mudah untuk digunakan dan mungkin pemahaman tentang fungsi inipun akan mudah juga karena syntax dasar dari fungsi ini hanya menggunakan satu argumen saja yaitu serial_number.


Syntax Dasar Fungsi YEAR



Untuk menggunakan Fungsi YEAR terdapat satu argumen yang wajib atau harus diisi yaitu serial_number. Argumen ini harus diberikan fomat tanggal dengan lengkap yang memiliki tanggal, bulan dan tahun supaya tidak muncul error pada saat menggunakan Fungsi YEAR.

Syntax Fungsi YEAR

=YEAR(serial_number)

> serial_number : diisi dengan satu tanggal yang memiliki format tanggal lengkap terdiri dari tanggal, bulan dan tahun yang akan dicari tahunnya dari tanggal tersebut.

Contoh Penggunaan Fungsi YEAR


Setelah memahami penjelasan tentang syntax dan juga argumen dari Fungsi YEAR selanjutnya mari kita lihat bagaimana penggunaan fungsi ini dalam Excel.

Untuk cotohnya masukan tanggal berikut ini kedalam Microsoft Excel :

cell A1 : 24/05/2018
cell A2 : 15/02/2017

Hasil dari Fungsi YEAR akan didapatkan angka tahun sebagai berikut :

Rumus : =YEAR(A1)
Hasil : 2018

Rumus : =YEAR(A2)
Hasil : 2017
 
Berdasarkan contoh diatas dapat disimpulkan bahwa sesuai dengan fungsi dari YEAR akan menghasilkan angka bilangan bulat yang mewakili tahun. Lebih jelasnya lagi bahwa fungsi ini akan mengambil tahun dari sebuah deret tanggal dengan format dan juga terdiri dari tanggal, bulan dan tahun.

Itulah penjelasan tentang cara menggunakan fungsi YEAR pada Microsoft Excel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan jika ada yang salah dengan artikel ini mari kita diskusikan melalui kolom komentar dibawah.

Jika pembaca merasa artikel ini bermanfaat maka bagikan kepada orang lain yang mungkin sedang membutuhkan solusi untuk menggunakan fungsi ini. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi YEAR Dalam Microsoft Excel"