Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi YEARFRAC Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi YEARFRAC Dalam Microsoft Excel - YEARFRAC merupakan salah satu fungsi dalam Microsoft Excel yang tergabung kedalam kelompok Fungsi Tanggal dan Waktu. Sama dengan Fungsi Tanggal dan Waktu yang lain, bahwa YEARFRAC ini akan menghitung jumlah tahun dengan dasar tanggal awal dan tanggal akhir.


Fungsi utama dari YEARFRAC adalah menghitung pecahan tahun diantara tanggal awal dan tanggal akhir yang dinyatakan dalam jumlah hari dalam setahun.

Menurut saya fungsi YEARFRAC ini mirip dengan Fungsi DATEDIF yang akan menghasilkan jumlah hari dalam periode yang dibatasi oleh tanggal awal dan tanggal akhir. Tetapi dalam Fungsi DATEDIF akan lebih lengkap dengan menghitung bulan bahkan hari dalam periode tersebut.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara menggunakan Fungsi YEARFRAC dalam Microsoft Excel, untuk fungsi lain yang berkaitan dengan tanggal dan waktu silahkan pelajari pada artikel lain yang sudah saya buat sebelumnya.


Cara Menggunakan Fungsi YEARFRAC


Untuk menggunakan fungsi ini hal penting yang pertama harus dipahami adalah susuan syntax dan juga argumen yang digunakan. Ada tiga argumen dalam fungsi ini yaitu start_date, end_date dan basis

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa argumen dalam fungsi inipun mirip dengan argumen yang dimiliki oleh Fungsi DATEDIF yaitu dengan penggunaan batasan start_date dan end_date.

Syntax Dasar Fungsi YEARFRAC


Untuk Anda yang sudah memahami cara penggunaan Fungsi DATEDIF pasti tidak akan sulit untuk memahami cara penggunaan fungsi ini karena perbedaannya hanya terdapat pada argumen basis saja.

Penerapan tanggal awal dan tanggal akhir dalam fungsi ini bersifat wajib atau harus ada karena kedua argumen ini merupakan batasan yang diperlukan untuk menghitung hari dalam periode tersebut.

Syntax Fungsi YEARFRAC

=YEARFRAC(start_date;end_date;[basis])

> start_date : merupakan tanggal awal atau tanggal mulai dari sebuah periode yang akan dihitung.

> end_date : merupakan tanggal akhir atau tanggal yang merupakan akhir dari sebuah periode yang dihitung.

> basis : basis ini bersifat opsional, boleh diisi dan boleh juga untuk dikosongkan. Baisi ini merupakan tipe perhitungan untuk hari dalam jangka waktu 1 tahun. Khusus untuk basis ada 5 pilihan yang dapat digunakan yaitu :

- 0 atau dihilangkan basis perhitungan harinya 30/360
- 1 basis perhitungan harinya sebenarnya/sebenarnya
- 2 basis perhitungan sebenarnya/360
- 3 basis perhitungan sebenarnya/365
- 4 basis perhitungan 30/360

Untuk basis ini gunakan sesuai dengan yang diinginkan atau sesuai dengan kondisi data yang akan diolah dengan fungsi ini.

Contoh Penggunaan Fungsi YEARFRAC


Setelah kita memahami syntax dasar dan juga argumen dari Fungsi YEARFRAC maka selanjutnya kita akan melihat bagaimana cara menggunakan fungsi ini kedalam Microsoft Excel.

Berikut contoh penggunaan Fungsi YEARFRAC

Masukan tanggal 01-01-2018 sebagai tanggal awal kedalam Excel cell A1
Masukan tanggal 31-12-2018 sebagai tanggak akhir kedalam Excel cell A2

Contoh 1 - Basis 0 atau dihilangkan : 

Rumus : =YEARFRAC(A1;A2)
Hasil : 1

Contoh 2 - Basis 1 : 

Rumus : =YEARFRAC(A1;A2;1)
Hasil : 0,997

Contoh 3 - Basis 2 : 

Rumus : =YEARFRAC(A1;A2;2)
Hasil : 1,011

Contoh 4 - Basis 3 : 

Rumus : =YEARFRAC(A1;A2;3)
Hasil : 0,997

Contoh 5 - Basis 4 : 

Rumus : =YEARFRAC(A1;A2;4)
Hasil : 0,997

Untuk akurasi perhitungan dalam contoh terlihat dibedakan oleh pemilihan basis tetapi perbedaan tersebut tidak banyak dan jika dibulatkan akan tetap menghasilkan angka 1 tahun.

Itulah penjelasan tentang cara menggunakan Fungsi YEARFRAC dalam Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. Bantu share dan bagikan kepada teman - teman Anda yang mungkin sedang membutuhkan penjelasan tentang fungsi ini.  

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi YEARFRAC Dalam Microsoft Excel"