Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Berat Badan Ideal / BMI Dengan Microsoft Excel

Cara Menghitung Berat Badan Ideal / BMI Dengan Microsoft Excel - Berat Badan Ideal ( BMI ) atau Body Mass Index merupakan sebuah ukuran untuk berat badan yang dibandingkan dengan tinggi badan. Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi sebuah hal yang penting untuk siapapun. 


Jika terlalu lebih berat badan atau disebut obesitas maka itupun tentu kurang baik untuk kesehatan. Jikapun sebaliknya terlalu kurus tetap saja tidak baik juga untuk kesehatan.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara menghitung BMI dalam Excel. Tentu saja saya tidak akan banyak membahas tentang apa itu BMI dan bagaimana cara mencegah obesitas dan sebagainya karena disini artikel khusus saya sajikan untuk penghitungan dalam Excel.


Banyak cara dan rumus yang digunakan untuk menghitung berat badan ideal, jika memang menurut pembaca rumus yang disajikan dalam artikel ini kurang memadai maka silahkan gunakan referensi yang lain.

Cara Menghitung BMI Dalam Excel


Untuk menghitung berat badan ideal dalam Excel tentu hal pertama yang harus diketahui adalah rumus menghitung BMI dan juga tabel acuan dari berat badan ideal tersebut. Setelah dua hal ini diketahui maka selanjutnya bisa dilakukan penghitungan dalam Microsoft Excel karena pada Excel itu sendiri tidak disediakan fungsi atau rumus untuk menghitung BMI.


Rumus Umum BMI



Rumus yang umum digunakan untuk menghitung berat badan ideal adalah sebagai berikut :

> Rumus berat badan ideal
=( Tinggi_badan - 100 ) x 0.9

> Rumus BMI :
=( Berat Badan/(Tinggi x Tinggi))x10000

Dalam BMI juga terdapat tabel status yang menggambarkan apakah hasil perhitungan BMI tersebut masuk dalam kategori kurus, normal, gemuk atau obesitas. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel BMI dibawah ini :


BMI

Status

<18,5

Kurus

18,5
– 22,9

Normal

23
– 24,9

Gemuk

25
– 29,9

Obesitas Tingkat 1

>30

Obesitas Tingkat 2

Dalam tabel BMI diatas terlihat bahwa ukuran yang ideal adalah berada di batasan BMI 18,5-22,9 dengan status "Normal".

Cara Menghitung BMI Dalam Microsoft Excel


Untuk menghitung BMI dalam Microsoft Excel silahkan perhatikan gambar dibawah ini :


Buatlah format seperti diatas dalam Excel, untuk membuat rumus otomatis supaya langsung menghitung BMI maka isikan seperti penjelasan dibawah ini :

Rumus untuk menghitung BMI :

Berat Badan Ideal ( cell B5 ) :

Rumus : =(B2-100)*0,9

BMI ( cell B6 ) :

Rumus : =(B3/(B2*B2))*10000

Status ( cell B7 ) :

Rumus : =IF(B6>=30;"Obesitas Tingkat 2";IF(B6>=25;"Obesitas Tingkat 1";IF(B6>=23;"Gemuk";IF(B6>=18,5;"Normal";"Kurus"))))

Setelah membuat format seperti pada gambar diatas dan memasukan rumus BMI kedalam masing - masing cell tersebut maka selanjutnya tinggal mengisi cell Tinggi Badan dan Berat Badan dan otomatis Berat Badan Ideal, BMI dan Status akan muncul.

Untuk contoh seperti tampak pada gambar diatas bahwa untuk Anda yang memiliki tinggi badan 160 dan berat badan 45 masuk dalma kategori "Kurus" sehingga harus mulai untuk meningkatkan berat badan.

Itulah cara menghitung BMI dalam Excel, jika ada kesalahan dalam artikel ini mari kita diskusikan dalam kolom komentar dibawah. Saya berharap semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Post a Comment for "Cara Menghitung Berat Badan Ideal / BMI Dengan Microsoft Excel"