Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Untuk Menghitung Umur Dengan Menggunakan Rumus Excel

Cara Untuk Menghitung Umur Dengan Menggunakan Rumus Excel - Menghitung umur memang mudah, bisa dilakukan dengan mengurangi tahun sekarang dengan tahun lahir dan umurpun sudah didapatkan. Jika menghitung umur dilakukan satu persatu atau tidak banyak maka menghitungnya bisa seperti yang tadi telah disebutkan. 

Lalu bagaimana jika menghitung usia untuk banyak orang dalam satu sheet excel ?


Menghitung umur bisa dilakukan dengan rumus pada Microsoft Excel. Fungsi daru rumus ini adalah untuk mempercepat penghitungan sehingga hanya dalam beberapa menit data umur yang dibutuhkan sudah didapatkan meskipun dalam jumlahyang sangat banyak.

Biasanya kebutuhan penhitungan umur dalam jumlah yang banyak dibutuhkan oleh seseorang yang bekerja dan berhubungan dengan data karyawan. 

Bayangkan bagaimana jika data karyawan mencapai ratusan bahkan ribuan ? akan dihitung satu persatu ? tentu akan sangat lama. Jangan khawatir ada solusi menghitung umur dengan rumus excel.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung umur pada Microsoft Excel dan 3 diantaranya akan saya bahas dalam artikel ini. 

Untuk menggunakannya silahkan sesuaikan dengan kebutuhan karena ada beberapa kondisi yang tentu kurang sesuai dengan kebutuhan pengolahan data tersebut.

1. Menghitung Umur Dengan Rumus TODAY dan Tanggal Lahir


Cara yang paling mudah menurit saya adalah dengan metode fungsi TODAY dan dikurangi dengan tanggal lahir. Pengurangan ini akan menghasilkan angka umur tetapi dengan kondisi ada angka desimal atau ada angka dibelakang koma. Untuk menghilangkannya bisa menggunakan format cells.

Mohon dicatat bahwa untuk menhitung umur dalam Excel tidak bisa hanya mengurangi tanggal sekarang dengan tangggal lahir tetapi harus dibagi dengan 365. Angka 365 merupakan jumlah hari dalam 1 tahun.

Cara Menghitung Umur Dengan Rumus TODAY dan Tanggal Lahir


Menghitung umur dalam excel mengunakan fungsi TODAY ini sangat mudah, bahkan hampir sama seperti menghitung manual dengan mengurangi tahun sekarang dengan tahun lahir. Sebelum melanjutkan saya sarankan untuk membaca artikel tentang fungsi TODAY sehingga akan memudahkan pemahaman terhadap rumus dalam menghitung umur ini.

Baca : Membuat Tanggal Otomatis Dengan Menggunakan Rumus Pada Microsoft Excel


Syntax fungsi :
=(TODAY()-TglLahir)/365

TODAY : Merupakan fungsi untuk memunculkan tanggal hari ini pada Microsoft Excel.
TglLahir : Isi dengan tanggal lahir yang akan dihitung umurnya.

Penggunaan rumus diatas akan menghasilkan angka desimal, untuk menghilangkannya bisa melalui format cell tetapi itu hanya view saja. Jika menggunakan format cell untuk menghilangkan angka desimal maka angka tersebut tetap memiliki angka desimal atau tidak hilang sepenuhnya.

Jika ingin tanpa angka desimal sepenuhnya maka gunakan rumus untuk pembulatan angka pada Microsoft Excel seperti INT atau ROUND. Untuk lebih memahami tentang pembulatan dalam Microsoft Excel pelajari artikel dibawah ini :

Baca : Pembulatan Angka Dengan Menggunakan Rumus Pada Microsoft Excel


Syntax fungsi tanpa angka desimal : 

=ROUND((TODAY()-TglLahir)/365);0)

Tambahan Fungsi ROUND ini untuk menghilangkan angka desimal dibelakang koma sehingga tampilan hasil dari penghitungan umur tersebut hanya angka integer tanpa desimal.

Saya tambahkan satu lagi jika hasil yang diinginkan otomatis muncul tulisan "Tahun". Ini bisa dilakukan dengan menambahkan teks "Tahun" pada syntax excel tersebut.


Syntax fungsi dengan teks "Tahun" : 

=ROUND((TODAY()-TglLahir)/365);0)&"Tahun"

Tambahan Teks "Tahun" tersebut akan menghasilkan teks tahun secara otomatis pada angka integer dari penghitungan umur tersebut. Untuk lebih jelasnya lanjutkan membaca contoh penggunaan fungsi diatas dalam excel.

Contoh Penghitungan Umur Dalam Microsoft Excel


Untuk Lebih jelasnya mengenai penerapan rumus diatas kedalam Microsoft Excel silahkan perhatikan gambar dibawah ini :

Fungsi TODAY untuk menghitung umur pada Excel

Dari hasil rumus diatas terlihat bahwa fungsi ini bisa dijalankan untuk menghitung umur pada Microsoft Excel, detail pilihan rumus sesuaikan dengan kebutuhan pada data yang akan dibuat.


2. Menghitung Umur Dengan Rumus YEARFRAC Pada Microsoft Excel


Fungsi YEARFRAC pada Microsoft Excel akan menghasilkan bilangan atau angka yang menunjukan tahun yang merupakan selisih dari dua tanggal. Dari kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa argumen untuk fungsi ini membutuhkan dua tanggal sebagai syarat untuk melakukan perhitungan umur.

Baca : Cara Menggunakan Fungsi YEARFRAC Dalam Microsoft Excel

Cara Menghitung Umur Dengan Rumus YEARFRAC


Argumen untuk fungsi ini yang telah disebutkan diatas terdiri dari tanggal awal dan tanggal akhir, mengacu kepada perhitungan umur bawah tanggal awal merupakan tanggal lahir sedangkan tanggal akhir merupakan tanggal sekarang atau periode tertentu yang akan diperhitungkan dalam mencari umur tersebut.

Fungsi YEARFRAC akan digabungkan dengan fungsi TODAY jika perhitungan umur tersebut dilakukan dengan menggunakan tanggal sekarang atau tanggal hari ini. Untuk lebih jelas mengenai penggunaan fungsi TODAY silakan pelajari pada artikel mengenai fungsi TODAY.

Untuk menghilangkan angka desimal dibelakang koma gunakan Fungsi INT, ROUND atau ROUNDDOWN yang merupakan fungsi untuk menghilangkan angka desimal dibelakang koma. Fungsi inipun telah saya bahas pada artikel yang lain tentang pembulatan angka desimal.



Syntax fungsi YEARFRAC untuk menghitung umur :

=YEARFRAC(TglLahir;TglSekarang;1)

  • TglLahir : diisi dengan tanggal lahir dari orang yang akan dihitung umurnya.
  • TglSekarang : merupakan tanggal hari ini dan untuk mempermudah dapat menggunakan fungsi TODAY atau NOW.
  • 1 : Argumen ini merupakan perhitungan tahun aktual pada setiap bulan diantara tgllahir dan tglsekarang.



Contoh Penghitungan Umur Dengan Fungsi YEARFRAC Dalam Microsoft Excel


Penerapan data terhadap argumen fungsi YEARFRAC sangat mudah, sehingga ini akan mempercepat perhitungan umur pada Microsoft Excel terebut. Untuk contoh perhitungan sudah saya gabungkan dengan fungsi ROUND untuk menghilangkan angka desimal, silahkan perhatikan gambar dibawah ini :


Menghitung Umur dengan fungsi YEARFRAC pada excel


Itulah cara bagaimana menghitung umur dengan fungsi YEARFRAC pada Microsoft Excel. Hasil dari perhitungan fungsi ini sama dengan hasil dari perhitungan pertama. Untuk penggunaan teks tahun atau pembulatan angka silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.


3. Menghitung Umur Dengan Rumus DATEDIF Pada Microsoft Excel


Fungsi DATEDIF dalam Microsof Excel dapat digunakan untuk menghitung jumlah hari, bulan atau tahun diatara dua tanggal yang merupakan tanggal awal dan tanggal akhir. Fungsi ini lebih lengkap dibandingkan dengan Fungsi YEARFRAC karena fungsi ini bisa menghitung bulan bahkan hari.

Dalam argumen fungsi DATEDIF ada beberapa yang harus dipahami dalam menentukan atau mengisi argumen tersebut, jika salah memilih mak akan menghasilkan data yang salah juga. Untuk itu silahkan pelajari artikel yang berhubungan dengan Fungsi DATEDIF yang telah saya buat dalam artikel yang lain.


Baca : Cara Menggunakan Fungsi DATEDIF Dalam Microsoft Excel


Cara Menghitung Umur Dengan Rumus DATEDIF


Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Fungsi DATEDIF ini bisa menghitung hari, bulan dan tahun sehingga pengitungan umur ini bisa lebih detail hingga bulan dan hari. Jika ini dibutuhkan maka gunakan fungsi DATEDIF dalam menghitung umur tersebut.



Syntax fungsi DATEDIF untuk menghitung umur :

=DATEDIF(TglAwal;TglAkhir;satuan)
  • TglAwal : isi dengan tanggal lahir.
  • TglAkhir : Isi dengan tanggal tertentu atau gunakan fungsi TODAY jika tanggal tersebut merupakan tanggal sekarang atau tanggal hari ini.
  • satuan : isi dengan argumen yang diinginkan. Ada beberapa argumen yang bisa digunakan dalam mengisi satuan, pelajari dalam artikel tentang fungsi DATEDIF.



Contoh Penghitungan Umur Dengan Fungsi DATEDIF Dalam Microsoft Excel


Ada 3 fungsi penting dalam menghitung umur dengan menggunakan DATEDIF yaitu menghitung tahun, bulan dan hari. Untuk mencari angka tersebut gunakan syntax dibawah ini :


Tahun : =DATEDIF(TglAwal;TglAkhir;"Y")
Bulan : =DATEDIF(TglAwal;TglAkhir;"YM")
Hari : =DATEDIF(TglAwal;TglAkhir;"MD")

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :


menghitung umur dengan fungsi DATEDIF pada excel

Rumus yang digunakan dalam penghitungan umur diatas adalah sebagai berikut :


Tahun : =DATEDIF(C4;TODAY();"Y")
Bulan : =DATEDIF(C4;TODAY();"YM")
Hari : =DATEDIF(C4;TODAY();"MD")

Untuk kolom dan C4 ganti dengan C5 untuk rumus baris kedua dan seterusnya ganti dengan kolom masing - masing.

Jika ingin menambahkan teks Tahun, Bulan dan hari bisa juga ditambahkan dalam rumus ini. Contohnya terlihat dalam kolom G, untuk kolom tersebut digunakan rumus sebagai berikut :



=DATEDIF(C4;TODAY();"Y")&" Tahun "&DATEDIF(C4;TODAY();"YM")&" Bulan "&DATEDIF(C4;TODAY();"MD")&" Hari "

Untuk pilihan penggunaan rumus apakah lengkap dengan teks atau hanya tahun saja atau mungkin hanya tahuan dan bulan silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk menghitung umur pada Microsoft Excel. Pada dasarnya rumus ini digunakan untuk pengolahan tanggal sehingga bisa digunakan untuk apapun yang berhubungan dengan tanggal.

Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca, jika ada hal yang ingin didiskusikan silahkan isi kolom komentar dibawah. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat share ke teman atau saudara yang mungkin akan membutuhkan artikel ini.  
    

Post a Comment for "Cara Untuk Menghitung Umur Dengan Menggunakan Rumus Excel"