Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Rumus Pada Microsoft Excel

Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Rumus Pada Microsoft Excel - Pada dasarnya rumus untuk menghitung masa kerja pegawai pada Microsoft Excel berhubungan erat dengan Fungsi tanggal. Artikel ini masih berhubungan dengan fungsi - fungsi tanggal yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.


Untuk memudahkan pemahaman tentang cara menghitung masa kerja pegawai dalam Microsoft Excel sebaiknya pekajari dan pahami terlebih dahulu artikel tentang fungsi Excel yang berkaitan dengan tanggal dan waktu. 


Dalam artikel ini Saya hanya akan membahas mengenai cara menghitung masa kerja. Banyak fungsi yang bisa digunakan untuk menghitung masa kerja dalam Excel dan saya akan membahas dengan menggunakan Fungsi DATEDIF.


Argumen - argumen yang terdapat dalam Fungsi DATEDIF telah saya jelaskan pada artikel yang khusus membahas tentang fungsi tersebut. Jika tertarik silahkan pelajari dan pahami sehingga tidak akan menemukan kesulitan dalam setiap penghitungan yang berkaitan dengan Fungsi DATEDIF.



Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Excel


Fungsi DATEDIF dapat digunakan untuk menyelesaikan perhitungan yang berkaitan dengan pengolahan tanggal. Fungsi ini membutuhkan tanggal awal dan tangal akhir sebagai parameter perhitungan yang akan menghasilkan angka sebagai selisih dari tanggal tersebut baik dalam bentuk Tahun, Tanggal ataupun Hari.

Syntax Fungsi DATEDIF untuk menghitung masa kerja :

=DATEDIF(startdate; enddate;unit)
 

> Argumen Start_Date

Untuk menghitung masa kerja dengan Fungsi DATEDIF dibutuhkan tanggal awal atau tanggal masuk kerja seorang karyawan pada sebuah perusahaan. Argumen ini diisi dengan tanggal masuk kerja tersebut sebagai tanggal awal perhitungan.

> Argumen End_Date

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Fungsi DATEDIF membutuhkan adanya tanggal akhir sebagai syarat untuk perhitungan. Untuk menghitung masa kerja dengan Fungsi DATEDIF ini argumen end_date diisi dengan tanggal akhir dari periode yang akan dihitung. Tanggal akhir ini bisa berupa tanggal keluar kerja, tanggal hari ini atau tanggal lebaran jika akan menghitung THR.

> Argumen unit

Argumen unit iini bisa diisi dengan "Y" jika ingin menghasilkan jumlah total tahun atau diisi dengan "YM" untuk menghasilkan jumlah total bulan dalam periode yang dihitung tersebut. 


Contoh Pengunaan Fungsi DATEDIF Untuk menghitung Masa Kerja Pegawai



Untuk penggunaan Fungsi DATEDIF dalam menghitung masa kerja pegawai ada dua contoh penggunaan rumus yang akan digunakan. Contoh pertama merupakan rumus tanpa teks tahun sedangkan contoh kedua menggunakan teks tahun. 

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini :



contoh menghitung masa kerja pegawai dengan rumus excel

 
Rumus yang digunakan untuk menghitung masa kerja pegawai pada kolom F, G, H da I diatas adalah sebagai berikut :


Rumus kolom F menghitung Tahun :
=DATEDIF(D4;E4;"Y")

Rumus Kolom G menghitung Bulan :
=DATEDIF(D4;E4;"YM")

Rumus kolom H menghitung Tahun +Teks
=DATEDIF(D4;E4;"Y")&" Tahun "

Rumus kolom I menghitung Bulan +Teks
=DATEDIF(D4;E4;"YM")&" Bulan "

Dalam contoh diatas terlihat bahwa Fungsi DATEDIF ini memang bisa digunakan untuk menghitung masa kerja pegawai

Perhitunga ini sangat mudah karena hanya memasukan tanggal masuk kerja dan tanggal akhir sebagai parameter untuk perhitungan. 

Pada prinsipnya banyak fungsi Excel yang bisa digunakan untuk menghitung masa kerja pegawai untuk memudahkan siapapun dalam memilih fungsi mana yang akan digunakan pada saat pengolahan data tersebut.

Untuk pengisian tanggal akhir jika akan menggunakan tanggal sekarang maka bisa menggunakan fungso NOW atau TODAY. Fungsi NOW atau TODAY ini telah saya bahas pada artkel yang lain, silakan dipelajari.

Saya berharap artikel ini membantu Anda dalam menyelesaikan masalah seputar perhitungan masa kerja pegawai pada Microsft Excel. Saya akan bahas fungsi lainnya pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat. 

2 comments for "Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Rumus Pada Microsoft Excel"

  1. maff sebelum nya gan saya mencoba menggunakan tanda ; tidak berhasil dan mencoba dengan tanda koma yang berhasil gan.

    ReplyDelete
  2. Untuk penggunaan tanda titik koma (;) atau tanda koma (,) memang tergantung kepada regional setting masing - masing komputer Pak..

    ReplyDelete