Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi DAYS360 Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi DAYS360 Dalam Microsoft Excel - Fungsi DAYS360 mempunyai kelompok yang saya dengan fungsi DAY yaitu sebuah fungsi Excel yang berkaitan dengan pengolahan hari. Tapi mohon dicatat bahwa ada perbedaan dalam data dasar sebagai argumen dari Fungsi DAYS360 jika dibandingkan dengan fungsi DAY.


Dalam artikel ini saya hanya akan menjelaskan tentang Fungsi DAYS360, untuk fungsi DAY sudah saya bahas pada artikel sebelumnya dan silahkan dipelajari untuk lebih mudah membedakan kedua fungsi tersebut.


Fungsi utama dari DAYS360 adalah mengembalikan atau menghitung jumlah hari antara dua tanggal berdasarkan total hari 360 dalam 1 tahun. Fungsi ini bisa digunakan untuk menghitung sebuah system pembayaran dalam pengolahan data Excel.



Cara Menggunakan Fungsi DAYS360


Mohon untuk diperhatikan kebutuhan dalam pengolahan data sehingga tidak salah dalam memilih fungsi yang akan digunakan. Beberapa fungsi memiliki kemiripan seperti DAY dengan DAYS360, WEEKDAY dengan NETWORKDAYS dan lain - lain.


Syntax Dasar dan Argumen Fungsi DAYS360



Berbeda dengan fungsi DAY bahwa fungsi DAYS360 memiliki dua argumen yang harus diisi dalam penggunaannya. Fungsi DAY hanya mengacu kepada tanggal sedangkan DAYS360 terdiri dari tanggal awal dan tanggal akhir sebagai parameter perhitungan.

Dengan adanya tanggal awal dan akhir maka jelas fungsi DAYS360 menghitung seluruh hari antara tanggal awal dan tanggal akhir tersebut. Sedangkan fungsi DAY hanya mengambil angka tanggal dari deretan tanggal yang lengkap.

Syntax Dasar Fungsi DAYS360

=DAYS360(start_date;end_date;[method])

> start_date : Start_date ini diisi dengan tanggal awal dari dua tanggal yang akan dihitung jumlah harinya.

> end_date : end-date diisi dengan tanggal akhir dari dua tanggal untuk menghitung total jumlah harinya.

> method : merupakan nilai logika untuk menentukan metode yang akan digunakan dalam mencari jumlah hari diantara tanggal awal dan akhir. Ada dua pilihan untuk method yaitu False dan True. False digunakan jika tangal mulai merupakan hari terakhir ( hari ke 30/31 ) dan angka dihitung menjadi hari ke 1 atau awal bulan berikutnya. True digunakan jika tangal awal merupakan tanggal terakhir ( 30/31) dan akan dihitung dari tanggal tersebut bukan digeser ke tanggal bulan berikutnya.

Contoh Fungsi DAYS360 Dalam Excel


Untuk memudahkan pemahaman tentang Fungsi daru DAYS360 maka silahkan baca dan pahami contoh dibawah ini.

Sebagai Contoh ada dua tanggal berikut ini dalam Excel :

sell A1 : 30-03-2018 --> merupakan tanggal awal.
sell A2 : 28-04-2018 --> tanggal akhir

Rumus yang digunakan untuk menghitung dengan Fungsi DAYS360 sebagai berikut :

=DAYS360(A1;A2;FALSE)

Hasilnya sebagai berikut :

= 28
 
Dari contoh diatas dapat dilihat bahwa fungsi ini menghitung jumlah hari diantara tanggal awal dan akhir dalam jumlah hari 360 selama 1 tahun.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan Fungsi DAYS360 dalam microsoft Excel. Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat maka bagikanlah kepada teman - teman yang mugkin sedang membutuhkan solusi untuk menggunakan fungsi Excel ini. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi DAYS360 Dalam Microsoft Excel"