Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi WEEKNUM Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi WEEKNUM Dalam Microsoft Excel - Fungsi WEEKNUM tergabung kedlam kelompok Fungsi Tanggal dan Waktu dalam Microsoft Excel. Fungsi ini masih berada dalam seputar pengelolaan data yang berkaitan dengan mingguan. Banyak fungsi tanggal dan waktu kainnya yang telah saya jelaskan pada artikel lain yang tentu memiliki fungsi yang berbeda.


Fungsi utama dari WEEKNUM adalah mengembalikan nomor dari sebuah minggu beradasarkan tanggal tertentu dan akan menghasilkan angka yang mewakili minggu keberapa dalam periode 1 tahun.

Fungsi ini hampir mirip dengan WEEKDAY, bedanya WEEKDAY menghitung hari dalam waktu 1 minggu  sedangkan WEEKNUM menghitung minggu keberapa dalam jangka waktu 1 tahun.


Dalam artikel ini saya hanya akan menjelaskan tentang cara menggunakan fungsi WEEKNUM dalam Microsoft Excel, untuk fungsi lain silahkan pelajari pada artikel yang telah saya jelaskan sebelumnya.


Cara Menggunakan Fungsi WEEKNUM



Untuk menggunakan fungsi ini seperti yang sering saya sampaikan bahwa kita harus memahami syntax dan juga argumen dari fungsi tersebut. Pemahaman terhadap argumen akan sangat memudahkan kita pada saat akan menggabungkan fungsi ini denganfungsi yang lain menjadi sebuah rumus untuk pengolahan data excel.


Syntax Dasar Fungsi WEEKNUM



Dalam Fungsi WEEKNUM ini terdapat dua argumen yang harus dipahami yaitu serial_number dan return_type. Kedua argumen ini sama dengan fungsi WEEKDAY karena seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa kedua fungsi ini memiliki kemiripan.

Syntax Dasar WEEKNUM :

=WEEKNUM(serial_number;[return_type])

> serial_number : Diisi dengan tanggal yang akan dicari minggu keberapa, ini harus berbentuk format tanggal.

> return_type : Ini bersifat opsional, boleh diisi dan boleh juga dikosongkan. Nilai defaultnya adalah 1. Jika diisi dengan 1 atau dikosongkan artinya awal minggu pada tanggal tersebut dihitung hari minggu sedangkan jika diisi 2 maka awal minggu menjadi hari senin.

Contoh Penggunaan Fungsi WEEKNUM


Setelah kita memahami syntax dan juga argumen dari fungsi ini maka selanjutnya mari kita lihat penerapan fungsi tersebut dalam Microsoft Excel.

Untuk contoh WEEKNUM perhatikan uraian dibawah ini :

Dalam Excel masukan tanggal 07/01/2018 kedalam cell A1

Setelah menggunakan fungsi WEEKNUM maka hasilnya sebagai berikut :

Contoh 1 jika argumen dihilangkan :

Rumus : =WEEKNUM(A1)
Hasil : 2
Penjelasan : tanggal 07/01/2018 masuk kedalam minggu pertama karena argumen dikosonkgkan artinya awal minggu dihitung dari hari minggu.

Contoh 2 jika argumen diisi dengan 1 :

Rumus : =WEEKNUM(A1;1)
Hasil : 2
Penjelasan : tanggal 07/01/2018 masuk kedalam minggu pertama karena argumen 1 artinya awal minggu dihitung dari hari minggu.

Contoh 1 jika argumen diisi dengan 2 :

Rumus : =WEEKNUM(A1;2)
Hasil : 1

Penjelasan : tanggal 07/01/2018 masuk kedalam minggu kedua karena argumen 2 artinya awal minggu dihitung dari hari senin.

Dari contoh diatas terlihat bahwa argumen return_type memang optional tetapi sangat menentukan terhadap hasil dari fungsi tersebut. Kesesuaian antara kebutuhan pengolahan data dengan argumentasi yang digunakan merupakan hal yang sangat penting, tulah alasannya kenapa saya sangat menekankan kepada semua pembaca untuk membaca dan memahami semua argumen yang akan digunakan.

Pada prinsipnya penggunaan fungsi ini sangat mudah, hanya membutuhkan sedikit pemahaman terhadap argumennya. Itulah penjelasan tentang cara menggunakan fungsi WEEKNUM dalam Micrososft Excel. Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada orang lain yang mungkin sedang membutuhkan penjelasan tentang fungsi ini. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi WEEKNUM Dalam Microsoft Excel"