Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fungsi REPLACE Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi REPLACE Dalam Microsoft Excel - REPLACE merupakan sebuah fungsi dalam Micrososft Excel yang tergabung kedalam kelompok Fungsi Teks. Fungsi Teks ini banyak digunakan dalam pengolahan data yang berkaitan dengan teks dalam Excel.


Fungsi utama dari REPLACE adalah menggantikan beberapa karakter teks berdasarkan jumlah yang telah ditentukan dengan karakter lain yang tentunya berbeda.


Dalam artikel ini saya akan membahas cara menggunakan fungsi REPLACE dalam Micrososft Excel. Jika Anda ingin mempelajari fungsi yang lain silahkan buka artikel terdahulu tentang fungsi - fungsi yang ada dalam Microsoft Excel.


Cara Menggunakan Fungsi REPLACE



Fungsi REPLACE dapat digunakan untuk mengubah beberapa teks dengan karakter tertentu dengan tujuan untuk menyembunyikan atau tidak menampilkan teks secara penuh. Jika data yang sedang diolah menyangkut identitas orang lain maka ini harus dilakukan untuk melindungi kerahasiaan data orang tersebut.


Syntax Dasar Fungsi REPLACE



Untuk menggunakan fungsi ini ada empat argumen penting yang harus dipahami yaitu old_text, start_num, num_char dan new_text. Ketiga argumen tersebut harus ada dan diisi dalam penggunaannya sehingga tidak ada argumen yang bersifat optional.

Syntax Fugsi REPLACE

=REPLACE(old_text;start_num;num_char;new_text)

> old_text : Teks lama yang akan diganti oleh teks baru dengan jumlah karakter yang telah ditentukan.

> start_num : Posisi atau urutan awal dari teks lama yang akan diganti dengan teks baru.

> num_char : Jumlah karakter teks dalam teks lama yang akan diganti dengan teks baru.

> new_text : Teks baru yang akan menggantikan teks lama dengan jumlah yang telah ditentukan.

Mohon dicatat, seperti yang saya sebutkan diatas bahwa keempat argumen ini bersifat wajib bukan optional sehingga semua argumen tersebut harus diisi dalam penggunaan fungsi ini.

Contoh Penggunaan Fungsi REPLACE


Setelah mengetahui argumen dan juga sntax dari Fungsi REPLACE maka selanjutnya mari kita lihat cara menggunakan fungsi tersebut dalam Microsoft Excel.

Untuk contoh penggunaan Fungsi REPLACE perhatikan uraian dibawah ini :

Masukan teks "kungfu master" kedalam excel cell A1

Masukan juga teks "2018" kedalam excel cell A2

Dengan rumus REPLACE maka hasil dan penjelasannya sebagai berikut :

Contoh 1 :


Penjelasan : dengan rumus REPLACE ganti 4 huruf dari kata "master" menjadi "ma****". Maka old_textnya adalah A1, start_numnya adalah 10 ini dihitung dari awal huruf k dari kungfu dan akhir s dari master karena teks ini merupakan tekas awal yang akan digantikan, num_charsnya adalah 4 dan new texnya adalah ***

Rumus : =REPLACE(A1;10;4;"****")

Hasil :kungfu ma****

Contoh 2 :

Penjelasan : dengan rumus REPLACE ganti 2 huruf dari angka tahun 2018 menjadi "--18". Maka old_textnya adalah A2, start_numnya adalah 1 ini dihitung dari awal angka 2 dari 2018 , num_charsnya adalah 2 dan new texnya adalah --

Rumus :=REPLACE(A2;1;2;"--")

Hasil : --18


Seperti yang terlihat dari contoh diatas bahwa fungsi Replace ini dapat digunakan untuk mengganti atau menyembunyikan huruf tertentu dengan karakter lain yang diinginkan.

Itulah penjelasan tentang cara menggunakan fungsi REPLACE dalam Microsoft Excel. Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Jika berkenan silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain yang mungkin sedang membutuhkan penjelasan tentang fungsi ini. 

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi REPLACE Dalam Microsoft Excel"