Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menyembunyikan Angka Terakhir NIK Pada Microsoft Excel

Cara Mudah Menyembunyikan Angka Terakhir NIK Pada Microsoft Excel - Membuat sebuah laporan pada Microsoft Excel sering dilakukan, baik untuk kepentingan pekerjaan maupun untuk kepentingan pribadi. 

Dalam pengolahan data tersebut tentu kadang - kadang kita menyimpan data pribadi seseorang yang tidak boleh dilihat atau dibaca sembarangan oleh orang lain karena berhubungan dengan identitas pribadi orang lain. 


Identitas yang penting dan tidak boleh sembarangan untuk dilihat orang lain itu misalnya NIK, nomor telepon, email atau yang lainnya. 

Penting untuk diingat bahwa pertanggung jawaban terhadap informasi yang tercatat dalam Excel tersebut menjadi hal penting untuk dilakukan.

Untuk menyembunyikan beberapa karakter angka dalam NIK atau nomor telepon tersebut saya akan menggunakan Fungsi REPLACE dalam Microsoft Excel. 

Fungsi ini bisa digunakan untuk mengganti huruf atau angka tertentu dengan karakter lain dan juga jumlah karakter yang bisa ditentukan.


Dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara menyembunyikan  2 digit terakhir dari NIK ( Nomor KTP ) dalam Microsoft Excel. Untuk pembahasan tentang fungsi yang lain silahkan pelajari pada artikel terdahulu tentang fungsi - fungsi yang ada pada Microsoft Excel.


Cara Menyembunyikan Digit Terakhir NIK



Untuk menyembunyikan beberapa digit terakhir dari NIK dengan menggunakan Fungsi REPLACE tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami argumen dari fungsi REPLACE tersebut.

Untuk lebih memahami tentang fungsi dan argumen dari REPLACE silahkan pelajari pembahasan tentang Fungsi REPLACE yang telah saya bahas pada artkel yang lain.


Syntax Dasar Fungsi REPLACE



Ada 4 argumen penting dalam menggunakan Fungsi REPLACE untuk menghilangkan 2 digit terakhir pada nomor NIK dalam Excel.

Syntax Fungi REPLACE :

=REPLACE(old_text;start_num;num_char;new_text)

Untuk menghilangkan 2 digit angka terakhir NIK dengan Fungsi REPLACE maka argumen diatas harus diisi dengan ketentuan sebagai berikut :

> old_text : diisi dengan cell atau range yang terdapat nomor NIK dengan ditulis penuh ( tanpa dihilangkan 2 digit terakhir ).


> start_num : diisi dengan angka mulai yang dihilangkan dalam NIK tersebut. Biasanya NIK itu berjumlah 16 digit, maka untuk menghilangkan 2 digit terakhir berarti dimulai dari angka 15.

> num_char : diisi dengan jumlah karakter yang akan disembunyikan, jika akan menyembunyikan 2 digit maka masukan angka 2.

> new_text : isi dengan karakter atau hiuruf baru yang ditampilkan menutupi 2 angka terakhir, misalnya "**" atau "--". Dalam contoh ini saya akan menggunakan "--".

Itulah empat argumen dalam Fungsi REPLACE yang akan digunakan untuk menyembunyikan 2 digit terkhir angka NIK dalam Microsoft Excel. Silahkan pelajari dan pahami terlebih dahulu sebelum melanjutkan kedalam contoh penggunaannya dalam Excel.

Contoh Menghilangkan 2 Digit Terakhir NIK Dalam Excel


Setelah memahami argumen yang digunakan dalam Fungsi REPLACE maka selanjutnya mari kita lihat bagaimana penggunaan fungsi tersebut langsung kedalam Microsoft Excel.

Perhatikan gambar berikut ini :

Contoh Menyembunyikan Nomor NIK dalam Excel
    

Dalam contoh diatas terlihat bahwa dua digit terakhir disembunyikan sehingga tidak akan sembarangan orang yang dapat melihat dua digit angka terakhir tersebut. 

Rumus yang digunakan dalam fungsi tersebut ada pada kolom C atau lebih jelasnya sebagai berikut :

Rumus dalam contoh diatas :

D3 : =REPLACE(B3;15;2;"--")
D4 : =REPLACE(B4;15;2;"--")
D5 : =REPLACE(B5;15;2;"--")

Bagaimana jika yang ingin dihilangkan adalah angka yang ditengah bukan angka terakhir ?

Dalam gambar diatas lihat contoh 2 baris paling bawah, saya menghilangkan 2 angka yang bukan digit terakhir melainkan digit ke 11 dan 12. Rumus yang digunakan untuk 2 contoh paling bawah diatas adalah sebagai berikut :

Rumus menyembunyikan digit NIK ke 11 dan 12 dalam contoh diatas :

D6 : =REPLACE(B6;11;2;"--")
D7 : =REPLACE(B7;11;2;"--")
 
Jadi untuk menyembunyikan angka seperti pada contoh diatas sangat mudah, tinggal masukan angka mulai yang dihilangkan pada argumen start_num, pada contoh diatas dari 15 diganti menjadi 11. 

Jika ingin jumlah digit yang disembunyikan lebih dari 2 maka ganti angka 2 diatas pada argumen num_char sesuai dengan yang diinginkan.

Itulah penjelasan tentang cara menyembunyikan angka NIK pada Microsoft Excel, saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca. Jika ada kesalahan dalam artikel diatas mari kita diskusikan melalui kolom komentar dibawah.

Jika pembaca merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada orang lain yang mungkin sedang membutuhkan solusi untuk menyelesaikan masalah cara menyembunyikan nomor NIK pada Excel. 

6 comments for "Cara Mudah Menyembunyikan Angka Terakhir NIK Pada Microsoft Excel"

  1. matur nuwun... sangat membantu....

    ReplyDelete
  2. sama - sama Pak, terimakasih sudah berkunjung..

    ReplyDelete
  3. Maaf Min, trs kalo kita mau kembalikan lagi NIK yg ujung.a di ganti ke tanda bintang kembali normal lagi gmn cara.a ya ?

    ReplyDelete
  4. kok punya saya gagal yaaa

    ReplyDelete
  5. NIk asli kalau kita hapus kok hasil Replace ikut hilang?
    Bagaimana penggabungannya ke urutan selanjutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak karena rumus REPLACE ini hanya menampilkan saja dan butuh sumber angka yang tampilannya disembunyikan tersebut. Untuk pertanyaan ke-2 maaf Pak saya kurang paham maksudnya gimana ya ?

      Delete