Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghitung Gaji, Cara Membuat Slip Gaji Dengan Rumus Pada Microsoft Excel

Cara Membuat Slip Gaji Dengan Rumus Pada Microsoft Excel - Slip Gaji merupakan satu dari beberapa proses yang dilakukan setelah menghitung gaji karyawan.


Slip gaji wajib diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai informasi tentang rincian upah yang diterima oleh masing - masing karyawan.

Kadang seorang karyawan cenderung menyepelekan slip gaji, bahkan mereka hanya memintanya pada saat membutuhkan slip gaji tersebut untuk keperluan tertentu.

Dalam artikel sebelumnya saya telah menjelaskan cara menghitung gaji karyawan dari mulai rekap absensi, lembur dan juga form pengajuan gaji kepada manager.

Dalam artikel tersebut saya sertakan file contoh yang bisa dilihat untuk bahan pembelajaran.

Jika akan mempelajari tentang penghitungan gaji tersebut dan juga membutuhkan contoh filenya silahkan pelajari melalui link yang ada dibawah.

Dalam artikel tersebut juga dijelaskan tentang menghitung lembur berdasarkan rekap absensi harian.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat slip gaji dalam Microsoft Excel.




Tentu saja, artikel ini masih berhubungan dengan artikel yang membahas tentang gaji, karena dalam contoh filenya sudah saya sertakan sheet untuk membuat slip gaji.

Cara Membuat Slip Gaji Dalam Excel


Untuk pembuatan slip gaji ini ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara manual dan juga dengan menggunakan rumus.

Ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan yang ada pada perusahaan tempat Anda bekerja.


Membuat Slip Gaji Dalam Excel Secara Manual



Untuk membuat slip gaji dengan cara manual ini adalah dengan cara mengisi formlulir slip gaji dalam excel secara manual.

Tentu ini akan lebih menyulitkan dibandingkan dengan menggunakan rumus karena secara otomatis kolom - kolom dalam slip tersebut akan terisi.

Formulir slip gaji yang saya buat dan disertakan pada contoh file penghitungan gaji adalah sebagai berikut :


cara membuat slip gaji


Jika akan mengisi secara manual maka kita tinggal mengisi kolom satu persatu kemudian di cetak.

Khusus untuk cell Total Penerimaan, Total Potongan dan THP tetap sudah diberikan rumus sehingga cell tersebut akan menghitung secara otomatis.

Jika ingin lebih cepat dalam pengisian slip tersebut maka gunakan cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan rumus.


Membuat Slip Gaji Dalam Excel Dengan Rumus



Rumus yang dimaksud dalam slip ini adalah rumus yang otomatis akan mengambil data dari sheet Gaji Karyawan.

Jadi, jika ingin menggunakan ini maka harus juga mengisi Sheet gaji karyawan seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Untuk tampilan form slipnya sama dengan gambari diatas hanya saja untuk cara pengisiannya adalah cukup dengan memasukan ID Karyawan pada cell D8 dan otomatis semua kolom akan terisi.

Jika akan menggunakan cara ini silahkan pelajari terlebih dahulu pembahasan tentang menghitung gaji karyawan dan lihat juga dalam contoh filenya.

Dalam contoh file excel tersebut selain disertakan form slip gaji ada juga cara penghitungan gaji yang dilengkapi dengan penghitungan lembur serta PPH Pasal 21.

Dalam artikel lain yang masih berkaitan dengan gaji saya telah bahas juga tentang potongan - potongan dalam gaji karyawan seperti BPJS, Jamsostek dan yang lainnya.

Itulah penejelasan singkat tentang cara membuat slip gaji dengan rumus dalam Microsoft Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment for "Menghitung Gaji, Cara Membuat Slip Gaji Dengan Rumus Pada Microsoft Excel "