Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Untuk Menghitung Gaji dan Lembur Dengan Rumus Excel

Cara Mudah Untuk Menghitung Gaji dan Lembur Dengan Rumus Excel - Menghitung gaji memang sebuah pekerjaan yang tidak bisa dibilang mudah.


Dengan jumlah karyawan yang banyak maka kita akan kesulitan dan bahkan mengorbankan banyak waktu untuk penghitungan gaji tersebut.

Tentu harus dicarikan solusi untuk mengatasi hal ini, salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa menghitung gaji secara otomatis.

Tapi faktanya untuk menmpunyai sebuah aplikasi tersebut tentu kita harus mengeluarkan sejumlah uang.

Bagimana jika Anda membutuhkan aplikasi tersebut tetapi perusahaan tidak mau mengeluarkan biaya ?

Ada solusi yang menurut saya sangat membantu dalam penghitungan gaji karyawan dan lembur yaitu dengan Microsoft Excel.

Dalam Excel banyak rumus yang bisa kita gunakan untuk membantu menghitung lembur dan juga gaji karyawan.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan dan juga memberikan solusi untuk penghitungan gaji dan lembur dengan Excel tersebut.

Dalam salah satu artikel sudah saya sertakan contoh filenya yang bisa untuk dijadikan sebagai referensi terkait dengan penggunaan rumus untuk menghitung gaji dan lembur.

Cara Menghitung Gaji dan Lembur Dalam Excel


Untuk menghitung gaji dan lembur dalam Microsoft Excel ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Dalam setiap langkah saya sertakan link artikel yang akan lebih detail menjelaskan tentang cara penghitungan gaji dan lembur tersebut.

1. Membuat Sheet Data Karyawan


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat data karyawan pada sheet pertama sebagai master data pada excel tersebut.

Dalam Sheet data karyawan ini dimasukan data identitas karyawan seperti Nama, alamat, status dan juga gaji pokok serta tunjangan - tunjangan jika ada.

2. Menghitung Lembur


Penghitungan lembur menjadi sebuah hal yang wajib untuk dilakukan, karena lembur merupakan satu dari beberapa unsur yang masuk kedalam penghitungan gaji karyawan.

Penghitungan lembur ini dilakukan dengan otomatis berdasarkan absensi atau jam masuk dan keluar dari masing - masing karaywan.

Untuk lebih jelasnya tentang cara menghitung lembur tersebut silahkan pelajari dlam artikel berikut ini :


Baca : Menghitung Lembur Karyawan, Cara Menghitung Lembur Berdasarkan Absensi Dengan Rumus Excel


Dalam artikel tersebut dijelaskan tentang cara menghitunglembur serta rate yang akan dijadikan dasar dalam menghitung jumlah lembur.


3. Menghitung Bonus Karyawan



Salah satu unsur yang biasanya muncul dalam penghitungan gaji selain lembur adalah bonus.

Bonus ini sangat banyak jenisnya, ada yang dibayarkan dengan jumlah tetap bahkan ada juga yang dibayarkan dengan perhitungan tertentu.

Dalam artikel sebelumnya saya telah menjelaskan contoh penghitungan bonus berdasarkan penjualan dan juga dengan nilai yang tetap. 


4. Menghitung Total Gaji



Setelah menghitung lembur dan juga membuat sheet data karyawan maka selanjutnya kita akan merekap data tersebut untuk menghitung total gaji karyawan.

Saya sudah membahas tentang penghitungan ini dalam artikel tersendiri yang juga disertakan contoh filenya termasuk penghitungan lembur diatas.

Untuk mempelajarinya silahkan buka dalam artikel berikut ini :


Baca : Menghitung Gaji, Cara Menghitung Gaji Dengan Rumus Dalam Microsoft Excel


Dalam artikel tersebut terdapat contoh file yang berbentuk excel untuk sheet data karyawan, sheet lembur dan juga sheet rekap gaji serta sheet slip gaji.


5. Mencetak Slip Gaji



Setelah menghitung seluruh total gaji karyawan yang diambil dari sheet Absensi maka selanjutnya kita hanya tinggal mencetak slip gaji untuk diberikan kepada masing - masing karyawan.


Form slip gaji ini telah saya sertakan dalam contoh file pada artikel cara menghitung gaji diatas, silahkan dipelajari.

Itulah beberapa langkah mudah untuk menghitung gaji karyawan dengan rumus dalam Excel.

Mungkin pembaca bertanya, kenapa tidak dibahas poin - poin diatas dalam satu artikel ?

Saya sengaja memisahkan ini karena jika digabungkan akan terlalu panjang sehingga pembaca hanya akan mengambil contoh filenya saja.

Tujuan saya adalah membahas semua itu sampai detail sehingga pembaca bisa mengubah atau memodifikasi contoh file excel sesuai dengan kondisi pada perusahaan masing - masing.

Sekali lagi saya sampaikan bahwa contoh file telah saya lampirkan dalam artikel yang tercantum dipoint nomor 4. 

Saya tidak memproteksi file tersebut sehingga siapapun bisa untuk mengubahnya, tentu mengubah tersebut adalah untuk digunakan bukan untuk dipublish kembali dalam blog tanpa seizin dari saya.

2 comments for "Cara Mudah Untuk Menghitung Gaji dan Lembur Dengan Rumus Excel"

  1. minta WA nya donk mas Adhe, atau bisa WA ke nomer saya 085264649100
    saya mau minta tlg custom format penghitungan gaji utk keperluan project sipiln saya, minta tlg sekiranya mas mau hubungi saya. utk bisa bicarakan brp biayanya. tks

    ReplyDelete
  2. @Pak Hendra : sudah saya add di WA ya pak..

    ReplyDelete