Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengambil Nama Depan, Tengah dan Belakang Dari Nama Yang Terdiri Dari Satu Suku Kata Atau Lebih Dengan Rumus Excel

Mengambil Nama Depan, Tengah dan Belakang Dengan Rumus Excel - Secara umum dinegara kita untuk nama memang sangat variatif ada yang terdiri dari satu suku kata, dua suku kata, tiga suku kata atau bahkan lebih.

Dalam urutan sebuah nama biasanya dibagi menjadi tiga bagian yaitu nama depan, nama tengah dan nama belakang.


Jika kita sedang mengolah nama - nama tersebut dalam Microsoft Excel dan harus memisahkan nama tersebut menjadi tiga bagian maka ini bisa dilakukan.

Pemisahan nama depan, tengah dan belakang dalam Excel tentu saja akan menggunakan rumus supaya mempercepat proses pengolahan data tersebut.

Dalam artikel sebelumnya saya juga telah menjelaskan bagaimana cara memisahkan nama depan, tengah dan belakang dari beberapa nama dalam Excel.

Hanya saja dalam penjelasan tersebut masih terdapat kekurangan yaitu rumus Excel yang digunakan hanya bisa berjalan dengan baik untuk nama yang terdiri dari tiga suku kata.

Masalah yang mungkin muncul adalah bagaimana jika nama tersebut sangat variatif ada yang satu suku kata, dua suku kata atau bahkan lebih dari tiga suku kata.

Artikel ini akan menjelaskan solusi untuk mengatasi masalah tersebut diatas karena rumus Excel yang digunakan akan bisa memisahkan nama dengan beberapa suku kata.




Sebelum melanjutkan pembahasan artikel ini alangkah lebih baiknya mempelajari artikel sebelumnya yang saya sebutkan diatas karena beberapa rumus dalam artikel ini sama dengan rumus yang sudah dijelaskan dalam artikel tersebut.


Mengambil Nama Depan, Tengah dan Belakang Dalam Excel


Untuk memisahkan nama depan, tengah dan belakang kita akan menggunakan beberapa rumus Excel.

Tentu saja rumus - rumus Excel tersebut mempunyai fungsi yang berbeda - beda dalam memisahkan nama.

Adapun rumus yang akan digunakan adalah sebagai berikut :

  • Rumus Excel IF : rumus Excel IF ini akan digunakan sebagai penguji logika pemisah antara nama yang terdiri dari satu suku kata, dua suku kata atau lebih dari dua suku kata.
  • Rumus Excel LEN : rumus Excel LEN akan digunakan untuk menghitung seluruh jumlah huruf dalam masing - masing nama
  • Rumus Excel TRIM : rumus Excel TRIM digunakan untuk mengatasi adanya kesalahan ketik pada spasi misalnya secara normal spasi itu ada satu kali tapi karena kesalahan ketik bisa saja muncul menjadi dua spasi
  • Rumus Excel SUBSTITUTE : rumus Excel SUBSTITUTE digunakan untuk menghilangkan spasi dari sebuah deret kalimat
  • Rumus Excel FIND : rumus Excel FIND digunakan untuk mencari posisi huruf atau spasi dalam nama
  • Rumus Excel LEFT : rumus Ecel LEFT digunakan untuk mengambil nama depan
  • Rumus Excel MID : rumus Excel MID digunakan untuk mengambil nama tengah
  • Rumus Excel RIGHT : rumus Excel RIGHT digunakan untuk mengambil nama belakang


Untuk mempermudah kita dalam memahami pembahsan artikel ini silahkan pelajari masing - masing argumen serta syntax dari rumus - rumus tersebut diatas.

Rumus Excel IF terdapat dalam kelompok Fungsi Logika sedangkan rumus yang lainya berada pada kelompok Fungsi Teks.

Sebelum melanjutkan saya akan jelaskan bahwa rumus dalam artikel inipun terdapat kekurangannya yaitu untuk nama yang terdiri dari empat suku kata atau lebih nama belakangnya akan terdiri dari beberapa kata.

Perhatikan gambar berikut ini :



mengambil nama depan, tengah dah belakang dengan rumus Excel


Dalam gambar tersebut diatas terlihat bahwa rumus yang saya gunakan bisa untuk memisahkan nama dari satu baris sampai dengan beberapa baris kata.

Jika nama hanya terdiri dari satu suku kata maka kolom yang terisi hanya nama depan saja.

Jika nama terdiri dari dua suku kata maka kolom yang akan terisi adalah nama depan serta nama belakang.

Jika nama terdiri dari tiga suku kata maka kolom nama depan, nama tengah dan nama belakang akan terisi semua.

Sedangkan jika nama lebih dari tiga suku kata maka nama terakhir akan muncul didalam kolom nama belakang.

Selanjutnya apa rumus yang digunakan untuk mengambil nama seperti diatas ? mari kita bahas satu persatu.



Mengambil Nama Depan Dengan Rumus Dalam Excel




Pembahasan yang pertama kita akan mencari nama depan seperti yang terlihat dalam gambar diatas kolom B.

Tugas kita yang pertama adalah mengidentifikasi berapa jumlah suku kata dalam nama tersebut.

Dasar yang akan kita gunakan adalah spasi karena setiap suku kata dalam nama tersebut pasti dipisahkan oleh satu spasi.

Misalnya untuk nama dengan satu suku kata maka jumlah spasinya adalah 0, untuk nama yang terdiri dari dua suku kata maka jumlah spasinya adalah 1 dan begitu seterusnya.

Sebatas yang saya ketahui dalam Excel belum ada rumus khusus untuk menghitung spasi tetapi saya akan menggunakan rumus Excel LEN dan juga SUBSTITUTE untuk menghitunganya.

Pola yang akan saya gunakan adalah pertama kita hitung seluruh jumlah huruf termasuk dengan spasi kemudian kurangi dengan seluruh jumlah huruf tanpa spasi.

Hasil dari pengurangan tersebut merupakan jumlah spasi yang terdapat dalam deret kata atau nama tersebut.

Jadi rumus yang digunakan untuk menghitung seluruh spasi dalam nama yang dimasukan kedalam kolom A adalah sebagai berikut :


=LEN(TRIM(A3))-LEN(SUBSTITUTE(A3;" ";"")


Rumus yang pertama diatas LEN(TRIM(A3)) digunakan untuk menghitung seluruh jumlah huruf yang terdapat dalam kolom A sedangkan rumus yang kedua LEN(SUBSTITUTE(A3;" ";"") digunakan untuk menghitung seluruh jumlah huruf tanpa spasi.

Rumus Excel TRIM diatas saya gunakan untuk mengantisipasi jika ada kesalahn ketik spasi dari satu menjadi dua atau lebih sehingga dengan menambahkan rumus Excel TRIM meskpun salah ketik tetap saja akan dihitung satu spasi.

Rumus Excel SUBSTITUTE digunakan untuk mengganti spasi yang ditandai dengan tanda kutip dua tetapi ada celah kosongnya (" ") dan diganti dengan tanpa spasi ("").

Jika kesulitan memahami cara menghitung spasi silahkan pelajari dalam artikel dibawah ini :



Baca Juga : Menghitung Jumlah Kata Dengan Rumus Dalam Microsoft Excel


Sampai dengan penjelasan ini kita sudah bisa mengetahui berapa jumlah spasi yang terdapat dalam kolom A.

Tugas kita yang kedua adalah mengidentifikasi kira - kira berapa spasi nama yang harus muncul didalam kolom nama depan ini.

Begini logikanya, jika spasi adalah 0 apakah nama depan akan muncul ? jika spasi adalah 1 apakah nama depan akan muncul ? dan seterusnya.

Silahkan perhatikan untuk kolom nama depan ini sebenarnya untuk nama dengan satu suku kata atau lebihpun akan tetap muncul sehingga pemisahan logikanya akan semakin mudah.

Menurut saya ada dua kondisi yang bisa muncul untuk mengambil nama depan ini yaitu kondisi yang pertama adalah untuk nama yang terdiri dari satu suku kata saja dan kondisi yang kedua adalah untuk nama yang suku suku katanya lebih dari satu.

Dari penjelasan diatas kita sudah mengetahui seluruh yang dibutuhkan baik itu jumlah spasi ataupun kondisi yang akan kita gunakan dalam rumus Excel IF.

Terkhir silahkan masukan rumus - rumus diatas kedalam rumus Excel IF menjadi sebagai berikut :



=IF(LEN(TRIM(A3))-LEN(SUBSTITUTE(A3;" ";""))>=1;LEFT(A3;FIND(" ";A3;1)-1);A3)


Rumus Excel diatas akan secara otomatis memisahkan nama depan kedalam kolomnya meskipun terdiri dari beberapa suku kata.

Untuk rumus LEFT(A3;FIND(" ";A3;1)-1) ini akan mengambil nama depan jika nama yang terdapat dalam kolom A lebih dari satu suku kata.

Untuk rumus Excel tersebut tidak akan saya bahas lagi karena sudah dijelaskan secara detail dalam artikel sebelumnya dan itulah alasannya kenapa diatas sudah saya sampaikan untuk membahas artikel tersebut.



Mengambil Nama Tengah Dengan Rumus Dalam Excel




Penjelasan yang kedua kita akan mengambil nama tengah dan untuk contohnya silahkan perhatikan gambar diatas kolom C.

Identifikasi yang digunakan sama dengan cara mengambil nama depan yaitu dengan jumlah spasi.

Jika diperhatikan untuk nama yang terdiri dari satu suku kata tidak akan memiliki nama tengah.

Begitupun dengan nama yang terdiri dari dua suku kata kondisinya akan sama yaitu tidak memiliki nama tengah karena hanya terdiri dari nama depan dan nama belakang saja.

Jadi untuk pengisian nama depan ini hanya berlaku untuk nama yang terdiri dari tiga suku kata atau lebih.

Kondisi atau syarat yang akan kita masukan kedalam rumus Excel IF adalah spasi sehingga angka yang dimasukan yaitu >=2.

Kenapa kondisinya adalah angka 2 atau lebih ? karena untuk nama yang terdiri dari tiga suku kata atau lebih akan memiliki dua spasi atau lebih.

Rumus Excel yang dimasukan kedalam kolom C untuk mengambil nama depan adalah sebagai berikut :


=IF(LEN(TRIM(A3))-LEN(SUBSTITUTE(A3;" ";""))>=2;MID(A3;FIND(" ";A3;1)+1;(FIND(" ";A3;FIND(" ";A3;1)+1))-(FIND(" ";A3;1)+1));"-")


Rumus Excel MID(A3;FIND(" ";A3;1)+1;(FIND(" ";A3;FIND(" ";A3;1)+1))-(FIND(" ";A3;1)+1)) digunakan untuk mengambil nama tengah dan ini tidak akan saya jelaskan ulang karena seperti dalam pengambilan nama depan rumus tersebut diatas sama dengan yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya.



Mengambil Nama Belakang Dengan Rumus Dalam Excel




Penjelasan yang terakhir adalah cara mengambil nama belakang dan contohnya adalam kolom D gambar diatas.

Rumus Excel untuk mengambil nama belakang ini memang lebih panjang karena ada tiga kondisi yang harus dimasukan kedalam rumus Excel IF.

Kondisi yang pertama untuk nama yang terdiri dari dua suku kata atau lebih, kondisi yang kedua untuk nama yang terdiri dari dua suku kata saja dan yang ketiga untuk nama dengan kondisi satu suku kata.

Perbedaanya adalah untuk nama dengan satu suku kata saya akan menampilkan tanda strip, untuk dengan dua suku kata akan mengambil nama belakngnya sedangkan untuk nama dengan tiga suku kata atau lebih akan menngambil seluruh sisa nama belakang setelah dipisahkan nama depan dan nama tengahnya.

Pemisahan kondisi akan sama dengan dua rumus sebelumnya yaitu menggunakan jumlah spasi.

Adapun kondisi yang pertama untuk nama yang memilki tiga suku kata atau lebih adalah >=2, kondisi untuk nama yang terdiri dari dua suku kata adalah =1 dan untuk nama yang hanya terdiri dari satu suku kata saya masukan kedalam argumen value_if_false.

Jadi, untuk rumus yang digunakan dalam kolom D untuk mengambil nama belakang adalah sebagai berikut :


=IF(LEN(TRIM(A3))-LEN(SUBSTITUTE(A3;" ";""))>=2;RIGHT(A3;LEN(A3)-FIND(" ";A3;FIND(" ";A3;1)+1));IF(LEN(TRIM(A3))-LEN(SUBSTITUTE(A3;" ";""))=1;RIGHT(A3;LEN(A3)-FIND(" ";A3;1)+1);"-"))


Untuk rumus pengambilan nama dengan FIND dan RIGH silahkan pelajari dalam artikel sebelumnya.

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pola yang saya gunakan ini masih terdapat kekurangan yaitu nama belakang terdiri dari beberapa suku kata terakhir.

Kesimpulan dari pembahasan kita kali ini adalah pengambilan nama depan, tengah dan belakang dalam Excel memang bisa dilakukan.

Pola yang saya jelaskan ini hanya merupakan satu dari beberapa alternatif yang dijelaskan oleh orang lain.

Baik atau tidaknya, sesuai atau tidaknya silahkan pembaca sendiri yang akan melihat setelah membaca artikel ini.

Jika kesulitan rumus mana saya yang dimasukan kedalam tiga kolom seperti dalam gambar diatas maka berikut ini adalah rumus - rumusnya.

Rumus Excel untuk mengambil nama depan dalam kolom B:


=IF(LEN(TRIM(A3))-LEN(SUBSTITUTE(A3;" ";""))>=1;LEFT(A3;FIND(" ";A3;1)-1);A3)



Rumus Excel untuk mengambil nama tengah dalam kolom C :


=IF(LEN(TRIM(A3))-LEN(SUBSTITUTE(A3;" ";""))>=2;MID(A3;FIND(" ";A3;1)+1;(FIND(" ";A3;FIND(" ";A3;1)+1))-(FIND(" ";A3;1)+1));"-")


Rumus Excel untuk mengambil nama belakang dalam kolom D :


=IF(LEN(TRIM(A3))-LEN(SUBSTITUTE(A3;" ";""))>=2;RIGHT(A3;LEN(A3)-FIND(" ";A3;FIND(" ";A3;1)+1));IF(LEN(TRIM(A3))-LEN(SUBSTITUTE(A3;" ";""))=1;RIGHT(A3;LEN(A3)-FIND(" ";A3;1)+1);"-"))



Setelah memahami seluruh penjelasan dalam artikel ini saya rasa pembaca akan lebih mudah mempelajari artikel yang membahas tentang penjumlahan dengan syarat kata tertentu.

Coba bayangkan bagaimana jika kita akan menjumlahkan sebuah deret angka berdasarkan kondisi tertentu yang kondisinya tersebut tedapat dalam sebuah kalimat.

Penjumlahan berdasarkan kata tertentu dalam kalimat ini sudah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya dan silahkan untuk dipelajari.



Baca Juga : Menjumlahkan Range Berdasarkan Kalimat Yang Diawali Kata Tertentu Dengan Rumus Excel


Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara mengambil nama depan, tengah dan belakang dengan rumus Excel.

Jika membutuhkan contoh filenya silahkan request melalui email atau FP Facebook saya.

Untuk penjelasan yang kurang dipahami mari kita dikusikan melalui kolom komentar atau melalui FP Facebook yang terdapat dalam halaman kontak.

Kurang lebihnya mohon dimaafkan dan terakhir semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.       

Post a Comment for "Mengambil Nama Depan, Tengah dan Belakang Dari Nama Yang Terdiri Dari Satu Suku Kata Atau Lebih Dengan Rumus Excel"