Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjumlahkan Angka Secara Otomatis Dengan Menu AUTOSUM Dalam Excel

Jumlah Otomatis Dengan AutoSum Excel - AutoSum dalam Excel tergabung kedalam kelmpok menu Editing.

Selain AutoSum dalam Editing ini terdapat menu atau fungsi lainnya seperti Sort & Filter, Find & Select, Fill, Clear dan lainnya.

Kelompok menu Editing sendiri tergabung atau berada dalam menu Tab Home yang pasti sering kita gunakan.

Menu AutoSum dalam Excel dapat digunakan untuk menjumlahkan range yang berisi angka secara otomatis tanpa mengetikan rumus Excel SUM.

Seperti yang kita ketahui bahwa penjumlahan angka dalam Excel sudah pasti akan menggunakan rumus Excel SUM.

Dalam AutoSum inipun tetap menggunakan rumus Excel SUM hanya saja prosesnya kita hanya klik menu AutoSum maka secara otomatis range angka akan dijumlahkan.

Untuk rincian cara penggunaan serta rumus apa saja yang dapat digunakan dalam AutoSum kita akan membahasnya dalam artikel ini.

Menjumlahkan Angka Otomatis Dengan Menu AutoSum


Seperti yang disebutkan diatas bahwa menu AutoSum ini tetap akan menggunakan rumus Excel SUM sebagai fungsi yang digunakan untuk penjumlahan tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa rumus Excel SUM dapa digunakan untuk menjumlahkan angka dalam cell atau range tertentu tanpa kriteria apapun.




Jika penjumlahan yang akan kita lakukan mensyaratkan sebuah kriteria atau syarat penjumlahan maka rumus yang kita gunakan adalah SUMIF bukan SUM.

Tetapi perlu juga kita ketahui bahwa dalam menu AutoSum ini tidak hanya untuk penjumlahan saja tetapi terdapat juga rumus - rumus lainnya.

Adapun rumus - rumus Excel yang muncul dalam AutoSum ini adalah sebagai berikut :


  • Rumus Excel SUM : rumus Excel SUM digunakan untuk menjumlahkan angka dalam sebuah range
  • Rumus Excel AVERAGE : rumus Excel AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata - rata dari sebuah range atau deret angka
  • Rumus Excel COUNT : rumus Excel COUNT digunakan untuk menhitung jumlah baris yang berisi angka
  • Rumus Excel MAX : digunakan untuk mencari nilai terbesar dari sebuah deret angka
  • Rumus Excel MIN : digunakan untuk mencari nilai terkecil dari sebuah deret angka


Tentu saja untuk dapat menggunakan menu AutoSum ini sebaiknya terlebih dahulu pahami dan pelajari fungsi serta syntax dari rumus - rumus Excel tersebut diatas.

Untuk rumus AVERAGE, COUNT, MAX dan MIN silahkan pelajari dalam kategori Fungsi Statistik.


Cara Menggunakan Menu AutoSum Dalam Excel



Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara menggunakan menu AutoSum dalam Excel.

Untuk tampilan dari menu AutoSum ini akan terlihat seperti dalam gambar berikut ini :


AutoSum dalam Excel


Seperti yang terlihat dalam gambar diatas bahwa dalam menu AutoSum terdiri dari lima pilihan rumus sesuai dengan yang dijelaskan diatas.

Sebelum menggunakan menu AutoSum terdapat dua hal penting yang harus diketahui.

Pertama rumus dalam menu AutoSum berlaku atau bisa digunakan jika angka yang kita buat posisinya adalah vertikal atau dari atas ke bawah.

Jika angka yang kita buat posisinya horizontal atau kiri ke kanan maka kita tidak bisa menggunakan menu AutoSum tetapi masih bisa menggunakan rumus SUM dan yang lainnya dengan cara mengetikan manual tanpa menu AutoSum.

Kedua, pola penjumlahan menu AutoSum dipisahkan oleh cell kosong dalam sebuah deret angka.

Misalnya kita memiliki deret angka yang diawali dari cell A1 sampai dengan A10 tetapi cell A6 kosong atau tidak ada angkanya.

Maka jika kita menggunakan menu AutoSum dalam cell A11 atau A12 deret angka yang akan dihitung adalah mulai dari cell A7 sampai dengan cell A10.

Kenapa demikian ? karena cell A6 kosong sehingga ini akan menjadi batas akhir dari penghitungan dengan AutoSum.

Untuk contoh penggunaan menu AutoSum silahkan ikuti langkah - langkah berikut ini :


  1. Silahkan masukan angka mulai dari Cell A1 sampai dengan A5 ( untuk contoh saja )
  2. Klik cell A6
  3. Klik Tab Home
  4. Klik menu AutoSum jika rumus yang akan digunakan adalah SUM dan jika ingin memilih rumus lainnya maka klik tanda panah disamping tulisan AutoSum kemudian klik rumus yang akan digunakan misalnya AVERAGE.
  5. Tekan Enter


Dengan melakukan langkah - langkah diatas maka jumlah angka dalam cell A6 akan otomatis muncul.

Menurut saya menu AutoSum ini akan mempermudah serta mempercepat proses penjumlahan yang akan kita lakukan hanya saja catatan pentingnya adalah kita tetap harus mengetahui fungsi dari masing - masing rumus yang muncul dalam AutoSum tersebut supaya tidak dalah dalam memilih rumus tersebut.

Kesimpulan dari pembahasan kita kali ini adalah AutoSum merupakan satu dari beberapa kemudahan yang disediakan oleh Excel yang kadang - kadang kita tidak mengetahuinya.

Mempercepat serta mempermudah proses pengolahan angka pasti sangat bermanfaat terutama untuk menyingkat waktu dalam pengolahan angka tersebut.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang menjumlahkan angka secara otomatis dengan menggunakan menu AutoSum dalam Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment for "Menjumlahkan Angka Secara Otomatis Dengan Menu AUTOSUM Dalam Excel"